7 Negara yang Pernah Menggunakan Bom Tandan, Amerika Serikat Terbanyak?

Selasa, 11 Juli 2023 - 22:15 WIB
loading...
7 Negara yang Pernah Menggunakan Bom Tandan, Amerika Serikat Terbanyak?
Bom tanda dikenal memiliki dampak jangka panjang. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Baru-baru ini, Amerika Serikat (AS) tengah menjadi perbincangan hangat usai disebut akan mengirimkan paket bantuan militer baru untuk Ukraina, termasuk bom cluster atau munisi tandan. Hal ini tentu menyita perhatian banyak orang, mengingat statusnya sebagai senjata terlarang.

Melihat ke belakang, lebih dari 100 negara termasuk Inggris, Jerman, dan Kanada telah menandatangani kesepakatan di bawah Convention on Cluster Munitions untuk melarang produksi, penggunaan, hingga pengiriman bom tandan.

Bukan tanpa alasan, larangan ini dikarenakan sifat munisi tandan yang sangat berbahaya. Maka dari itu, wacana AS untuk mengirimkan senjata ini kepada Ukraina langsung mendapat kecaman dari dunia internasional. Lebih lanjut, berikut sejumlah negara di dunia yang pernah menggunakan bom tandan.

Negara yang Pernah Gunakan Bom Tandan.

1. Amerika Serikat

Belakangan, Amerika Serikat tengah menjadi sorotan pasca keputusannya memberikan paket bantuan militer baru untuk Ukraina yang mencakup bom cluster alias munisi tandan.

Melihat ke belakang, sejatinya AS juga memiliki riwayat penggunaan bom tandan ini saat berperang. Mengutip Al Jazeera, Negeri Paman Sam pernah menggunakan senjata ini pada Perang Vietnam sekitar 1960-an hingga 1970-an.

Menurut salah satu laporan, AS bahkan disebut telah menjatuhkan 413.130 ton munisi tandan dari langit Vietnam pada kurun 1965-1973. Dampak dari penggunaan bom cluster ini juga dikatakan menimpa negara tetangganya di kawasan Asia Tenggara seperti Kamboja hingga Laos.


2. Jerman

Jerman juga diketahui pernah menggunakan bom tandan pada Perang Dunia II. Berlin pernah mengeluarkan 1.000 butterfly bomb di Grimsby, sebuah kota pelabuhan di timur laut Inggris.

3. Inggris

Berikutnya ada Inggris. Sama seperti Jerman, negara ini juga memiliki riwayat panjang terkait perang.

Sebagai contoh, bisa diambil ketika terjadi Falklands War sekitar tahun 1982. Saat itu, pasukan Inggris melepaskan bom cluster saat berperang dengan Argentina dan menyebabkan ratusan korban jiwa.


4. Maroko

Beralih ke kawasan lain, Maroko juga memiliki riwayat penggunaan bom tandan. Sekitar tahun 1975 hingga 1988, mereka pernah menggunakan senjata ini untuk melawan kelompok pemberontak di Sahara Barat.

5. Israel

Pada Perang Yom Kippur tahun 1973, Israel disebut sempat menggunakan bom tandan. Tak hanya itu, Tel Aviv kembali melakukannya saat menginvasi Lebanon tahun 1978.

6. Yugoslavia

Pada riwayatnya, Yugoslavia juga beberapa kali menggunakan bom cluster. Salah satunya ketika Perang Bosnia tahun 1992-1995.

Dalam serangan yang diluncurkan, ratusan warga di Bosnia menjadi korbannya. Tak hanya luka-luka, beberapa di antaranya juga dinyatakan tewas.

7. Uni Soviet-Rusia

Saat masih eksis sebagai negara, Uni Soviet juga kerap menggunakan bom tandan ketika bertempur. Pada Pertempuran Kursk 1943, mereka menjatuhkan munisi tandan pada pasukan Jerman di Kursk.

Selain itu, mereka juga pernah menggunakannya di Afghanistan sekitar tahun 1979-1989. Sementara untuk Rusia sendiri pernah menjatuhkannya saat Perang Chechnya, Perang Georgia 2008, hingga invasi Krimea tahun 2014-2015.

Pada konflik terbarunya bersama Ukraina, Moskow dan Kiev juga disebut turut menggunakannya dalam perang.

Selain sederet negara di atas, masih terdapat sejumlah nama lain yang pernah menggunakan bom tandan. Di antaranya seperti Serbia, Sudan, dan lain sebagainya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)