Inilah Amalan yang Pertama Kali Dihisab pada Hari Kiamat Nanti

Rabu, 12 Juli 2023 - 14:04 WIB
loading...
Inilah Amalan yang Pertama Kali Dihisab pada Hari Kiamat Nanti
Amalan pertama yang akan dihisab di yaumil hisab nanti ternyata salat, ibadah inilah yang akan dimintai pertanggungjwaban pertama kalinya sebelum amal-amal yang lainnya. Foto istimewa
A A A
Segala perbuatan dan amal ibadah yang dilakukan manusia di dunia akan dihisab kelak di hari Kiamat. Tahukah Anda, amalan apa yang pertama kali akan dihisab? Amalan yang dimaksud ialah salat . Saking tingginya kedudukan salat, Allah menjadikannya sebagai salah satu rukun Islam setelah syahadat.

Dalam satu Hadis Rasululllah SAW, beliau bersabda:

إنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ، فَإنْ صَلُحَتْ، فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ، وَإنْ فَسَدَتْ، فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ، فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيْضَتِهِ شَيْءٌ، قَالَ الرَّبُ – عَزَّ وَجَلَّ – : اُنْظُرُوْا هَلْ لِعَبْدِيْ مِنْ تَطَوُّعٍ، فَيُكَمَّلُ مِنْهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيْضَةِ ؟ ثُمَّ تَكُوْنُ سَائِرُ أعْمَالِهِ عَلَى هَذَا


Artinya: "Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah salatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika salatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta'ala berfirman: "Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki salat sunnah." Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya." (HR at-Tirmidzi)

Dari Abdullah ibn Umar radhiyallahu 'anhu, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: "Salat berjamaah lebih utama daripada sholat sendiri, dengan nilai 27 derajat." (HR Al-Bukhari, Muslim)

Dalam Al-Qur'an, Allah berfirman:

حَافِظُوْا عَلَى الصَّلَوٰتِ وَالصَّلٰوةِ الْوُسْطٰى وَقُوْمُوْا لِلّٰهِ قٰنِتِيْنَ


Artinya: "Peliharalah semua salat (fardhu) dan salat Wustha) Berdirilah karena Allah (dalam salat) dengan khusyuk." (QS Al-Baqarah ayat 238)

Ancaman bagi yang tidak mengerjakan salat diperingatkan langsung oleh Allah dalam Al-Qur'an:

مَا سَلَكَكُمْ فِيْ سَقَرَ ، قَالُوْا لَمْ نَكُ مِنَ المُصَلِّينَ


Artinya: "Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)? Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan salat." (QS. Al-Mudatsir ayat 42-43)

Demikian ulasan singkat tentang amalan yang pertama kali dihisab di hari Kiamat. Semoga kita termasuk orang-orang yang mendirikan salat.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)