Kereta Api Logistik Hadirkan KA Over Night Service Lintas Selatan

Minggu, 30 Oktober 2016 - 16:06 WIB
Kereta Api Logistik Hadirkan KA Over Night Service Lintas Selatan
Kereta Api Logistik Hadirkan KA Over Night Service Lintas Selatan
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Logistik (KALOG), anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) menegaskan komitmennya dalam mengembangkan semua lini bisnis yang ditawarkan termasuk layanan kurir melalui KALOG Express. Langkah strategis yang telah disiapkan di antaranya pengoperasian Kereta Api (KA) Barang Over Night Service (ONS) lintas selatan dengan stamformasi 8 (delapan) gerbong kapasitas 160 ton.

Keberangkatan perdana pada Jumat (28/10) lalu di stasiun Jakarta Gudang dengan tujuan akhir stasiun Surabaya Turi. Direktur Operasi dan Pemasaran KALOG, Sugeng Priyono mengatakan pengoperasian ini dilakukan karena perusahaan melihat potensi dan peluang angkutan khususnya pada lintas selatan cukup tinggi.

"Menjawab tantangan tersebut, kami mengambil langkah untuk mengoperasikan KA ONS lintas selatan yang juga merupakan strategi Perusahaan untuk mendorong okupansi," kata Sugeng seperti dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (30/10/2016).

Selain itu dia menerangkan, pengoperasian KA ONS lintas selatan juga bertujuan untuk meningkatkan layanan dengan menawarkan banyaknya kota yang dilalui seperti Cirebon, Purwokerto, Gombong, Kebumen, Solo, Jombang dan kota lainnya sehingga menawarkan akses layanan dan kemudahan lebih bagi Pelanggan.

"Tentunya, kami berharap hal tersebut mampu mendorong pengalihan angkutan dari truck ke kereta api untuk mengurangi beban jalan raya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Sugeng menambahkan bahwa KA ONS lintas selatan akan meningkatkan lebih dari 150% kapasitas angkut menjadi total kapasitas maksimal 510 ton/hari yang semula hanya 190 ton/hari untuk perjalanan pulang pergi serta menyumbang pertumbuhan volume okupansi angkutan setidaknya 50% hingga akhir tahun 2016.

Pada tahap awal, guna menjaring pasar dan meningkatkan minat pelanggan baik retail skala kecil hingga korporasi, KALOG Express menyediakan promo menarik hingga 27 November 2016 berupa tarif flat Rp 1.000/kg untuk angkutan dari semua relasi sepanjang lintasan Jakarta menuju Surabaya dan Rp 900/kg untuk semua relasi sepanjang lintasan Surabaya menuju Jakarta. Semuanya berlaku untuk angkutan dengan minimal berat 1.000 kg.

"KA ONS lintas selatan ini melengkapi 7 (tujuh) kereta yang sebelumnya telah dioperasikan KALOG Express di antaranya ONS lintas utara dan KA Barang pada KA Penumpang Anggrek Pagi, Bangunkarta, Senja Utama Solo, Majapahit, Logawa, dan Mutiara Selatan," tutupnya

Sebelumnya KALOG Express juga telah melakukan peningkatan okupansi melalui penambahan satu gerbong kapasitas 20 ton pada KA ONS lintas utara dan meningkatkan kapasitas menjadi 10 ton yang semula 5 ton pada KA Senja Utama Solo. Pengoperasian KA ONS Lintas Selatan ini juga merupakan wujud Komitmen Perusahaan untuk berkontribusi terhadap kelancaran sistem logistik nasional.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6508 seconds (0.1#10.140)