BBM Satu Harga Tingkatkan UMKM di Indonesia Timur

Selasa, 01 November 2016 - 21:29 WIB
BBM Satu Harga Tingkatkan UMKM di Indonesia Timur
BBM Satu Harga Tingkatkan UMKM di Indonesia Timur
A A A
JAKARTA - Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo menyatakan, upaya pemerintah penyeragaman harga BBM sampai ke daerah Indonesia timur akan menumbuhkan industri di sana, terutama UMKM-nya. Meski akan mulai di awal tahun, namun menurut Sasmito, dampaknya sudah terasa.

Seperti diketahui, Kementerian ESDM akan melakukan penyeragaman harga solar dan premium untuk Indonesia timur, bahkan dari Sabang sampai Merauke. Hal ini dinilai penting untuk menekan ongkos logistik yang berbeda-beda di tiap daerah.

‎"Kalau dilihat pertumbuhannya, produk-produk UMKM dari Indonesia timur lebih tinggi daripada industri besar dan sedang di sana. Saya kira walau baru mau mulai tapi sudah ada gejala pengaruh dari rencana penyeragaman harga BBM,"kata dia di Jakarta, Selasa (1/10/2016).

Sasmito mengakui, selama ini ongkos logistik sektor riil ke sana relatif mahal dan menjadikan industri di sana tidak berkembang. Namun perlahan, sekarang industri UMKM-nya tumbuh baik.

"Ini akan mendorong industri manufaktur di Indonesia timur, terutama untuk UMKM karena cost logistic bisa ditekan," katanya. (Baca: BPS Sebut Kenaikan UMP Dongkrak Daya Beli Masyarakat)

Hal ini terbukti dengan jumlah usaha di sana yang relatif berkembang pesat seiring dengan berkembangnya destinasi pariwisata di Indonesia timur yang turut memberi andil.

"Jumlah usaha di sana meningkat pesat, jadi saya kira ini ada gambaran yang bagus dari Indonesia timur. Mudah-mudahan ini berkelanjutan," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6368 seconds (0.1#10.140)