Mantan Bos Google Sebut AI Bisa Digunakan untuk Membunuh Orang

Jum'at, 14 Juli 2023 - 19:14 WIB
loading...
Mantan Bos Google Sebut AI Bisa Digunakan untuk Membunuh Orang
Mantas bos Google sebut AI bisa untuk membunuh orang. FOTO/ FOTO/ TV
A A A
NEW YORK - Mantan Bos Google , Eric Schmidt memperingatkan bahwa kecerdasan buatan digunakan untuk membunuh orang di masa depan.



Eric mengatakan AI dapat menghadirkan 'risiko eksistensial' bagi umat manusia 'didefinisikan sebagai banyak, banyak, banyak, banyak orang terluka atau terbunuh.'

Menurutnya, teknologi yang ujung tombaknya melalui sistem chatbot Bard relatif primitif, sehingga dapat disalah gunakan oleh orang di masa depan.

Schmidt, yang baru-baru ini memimpin Komisi Keamanan Nasional AS untuk AI, yang sedang berkembang untuk mengidentifikasi kerentanan perangkat lunak bagi peretas dan teknologi yang tak terelakkan memburu jalur biologis baru, yang dapat mengarah pada penciptaan senjata biologis baru yang menakutkan.

"Ada skenario bukan hari ini, tetapi segera, di mana sistem ini akan dapat menemukan eksploitasi zero-day dalam masalah dunia maya, atau menemukan jenis biologi baru," kata Schmidt di hadapan CEO Council Summit The Wall Street Journal di London.

Apa yang disebut 'eksploitasi zero-day' adalah kelemahan keamanan dalam kode mulai dari komputasi personal hingga perbankan digital hingga infrastruktur yang baru saja ditemukan dan belum diperbaiki oleh tim keamanan siber. Zero-days adalah alat berharga di gudang peretas.

Schmidt tidak merinci tentang 'jenis biologi baru' apa yang diimpikan oleh AI yang dijalankan dengan jahat yang paling membuatnya khawatir.

'Sekarang, ini adalah fiksi hari ini,' Schmidt memperingatkan, 'tetapi alasannya mungkin benar. Dan ketika itu terjadi, kami ingin siap untuk mengetahui bagaimana memastikan hal-hal ini tidak disalahgunakan oleh orang jahat.'

Komentar Schmidt, yang bukan peringatan pertamanya, bergabung dengan debat sengit di Silicon Valley atas pertanyaan moral dan bahaya fana yang ditimbulkan oleh AI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)