HT Dorong Generasi Muda Tingkatkan Kesejahteraan melalui Wirausaha

Rabu, 02 November 2016 - 22:01 WIB
HT Dorong Generasi Muda Tingkatkan Kesejahteraan melalui Wirausaha
HT Dorong Generasi Muda Tingkatkan Kesejahteraan melalui Wirausaha
A A A
TANGERANG SELATAN - CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mendorong generasi muda mampu meningkatkan kesejahteraan nasional dengan menjadi wirausahawan. Untuk itu, HT pun berbagi pengalaman bagaimana membangun usaha sukses.

"Saya terus mendorong generasi muda untuk terus maju. Dengan menjadi wirausahawan yang produktif bisa menciptakan lapangan kerja sehingga meningkatkan kesejahteraan nasional," ujar HT, saat menjadi pembicara dalam seminar nasional di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tanggarang Selatan, Rabu (2/11/2016).

Menurut HT, ada dua permasalahan dalam tidak meratanya kesejahteraan nasional. Pertama, masalah ketimpangan kesejahteraan antara masyarakat perkotaan dengan pedesaan. Kedua, ketimpangan infrastruktur di kota besar dibandingkan wilayah pedesaan. Saat ini masih banyak masyarakat di daerah yang kesulitan mendapatkan akses karena minimnya infrastruktur.

"Ke depan generasi muda harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan melalui wirausaha baru, tidak hanya di Jakarta tapi hingga ke pedesaan, sehingga tercipta pilar-pilar ekonomi baru di Indonesia," paparnya.

Di depan ratusan mahasiswa UIN Jurusan Manajemen Pendidikan, HT memberikan kiat suksesnya dalam mengembangkan MNC Group. Dibutuhkan modal kerja keras, pantang menyerah, disiplin dan rajin untuk bisa menjadikan MNC Group sebagai perusahaan media terbesar di Asia Tenggara seperti saat ini.

"Bagaimana cara saya membangun MNC Group, melalui kerja keras, setiap hari saya bangun jam 4 pagi, dan memulai kerjaan. Meski demikian saya menikmati, prinsip saya dalam hidup harus kita lakukan yang terbaik, mau berhasil atau tidak harus tetap disyukuri," paparnya.

Ketua Umum Partai Perindo ini mengakui, MNC Group dimulai dengan dana yang minim, namun berkat modal kerja kerasnya, saat ini perusahaan yang telah dikeloa selama 27 tahun berhasil menciptakan 36.000 pekerja. Perusahaan juga telah menyumbangkan pajak ke negara sebesar Rp1,5 triliun setiap tahunnya.

"Sukses itu hak setiap orang dan suatu proses yang harus diperjuangkan. Saya bukan terlahir dari keluarga kaya, modalnya adalah rajin dan bisa mengalahkan ego kita dari malas menjadi rajin," ungkap HT, yang disambut tepuk tangan ratusan mahasiswa UIN.

Dia menambahkan, tidak mudah menciptakan wirausahawan sukses, karena akan ada tantangan dan halangan. Untuk lebih efektif dibutuhkan peran pemerintah khususnya dalam mengembangkan wirausaha pemula. Pemerintah bisa membuat wadah seperti marketing agensi yang bisa memberikan penyuluhan, pengarahan dan fasilitas dalam mengembangkan bisnis.

"Indonesia kekurangan wirausaha, yang mau dan niat menjadi wirausaha banyak. Kesempatan itu harus dibuka melalui regulasi dan fasilitas yang baik. Saya yakin akan banyak tercipta wirausahawan baru yang sukses," tegasnya.

Sementara itu, Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Dede Rosyada berharap setelah mendapatkan paparan dari HT, mahasiswa UIN bisa terinspirasi untuk menjadi pengusaha sukses.

"Yang kita harapkan kemudian, setelah terinspirasi mereka akan belajar, bagaimana menjadi pengusaha dengan berwirausaha. Karena sektor usaha merupakan bagian prioritas terbesar bangsa ini," kata Dede.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2119 seconds (0.1#10.140)