Pedagang Keluhkan Harga Cabai Masih Melambung

Minggu, 06 November 2016 - 15:20 WIB
Pedagang Keluhkan Harga Cabai Masih Melambung
Pedagang Keluhkan Harga Cabai Masih Melambung
A A A
KARAWANG - Harga cabai merah dan cabai keriting di sejumlah daerah masih melambung tinggi. Kondisi ini dikeluhkan para pedagang di sejumlah daerah.

Di Karawang, Jawa Barat misalnya, saat ini harga cabai kering berada di angka Rp65 ribu per kg dari harga sebelumnya Rp50 ribu/kg. Sementara cabai merah yang sebelumnya menyentuh Rp60 ribu/kg turun tipis Rp55 ribu/kg (harga normal sekitar Rp50 ribu/kg).

Pedagang mengeluh melonjaknya harga karena mengurangi omzet mereka. "Ini akibat petani cabai gagal panen dan kami tidak bisa stok cabai karena cepat membusuk," ujar salah seorang pedagang cabai di Pasar Johar, Mukadi (45), Minggu (11/6/2016).

Dia menuturkan hasil panen dari petani terlalu sedikit tidak sesuai dengan permintaan. Sebab itu harga meroket tajam. "Buat kami kenaikan harga cabai ini malah mengurangi keuntungan," katanya.

Menurut Mukadi, bila pedagang mengambil untung terlalu besar malah membuat pelanggan sepi tidak mau membeli dalam jumlah banyak. "Kayak tadi ada yang biasanya beli setengah kilogram, kini hanya seperempat. Kami terpaksa harus mengurangi keuntungan agar pelanggan tidak berpindah ke pedagang lain," katanya.

Mukadi mengaku dalam keadaan normal dirinya bisa meraup untung dari penjualan sebesar Rp4.000/kg. Namun dengan meroketnya harga jual dari pengepul pedagang hanya mengambil untung Rp2 ribu/kg.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3106 seconds (0.1#10.140)