Cara Menurunkan Asam Urat dengan Air Lemon, Ampuh Obati Peradangan

Senin, 17 Juli 2023 - 09:14 WIB
loading...
Cara Menurunkan Asam Urat dengan Air Lemon, Ampuh Obati Peradangan
Cara menurunkan asam urat dengan air lemon bisa Anda coba sebagai alternatif di rumah. Lemon memiliki manfaat kesehatan, termasuk menurunkan risiko batu ginjal. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan asam urat dengan air lemon bisa Anda coba sebagai alternatif di rumah. Lemon memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk menurunkan risiko batu ginjal.

Dilansir dari Health Line, Senin (17/7/2023) penelitian terbaru menunjukkan bahwa air lemon juga dapat membantu mengurangi gejala asam urat .

Sebuah studi 2017 menemukan bahwa air lemon dan ekstrak lemon membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Orang dewasa dengan kadar asam urat tinggi minum air lemon segar (setara dengan lemon sehari) setiap hari selama 6 minggu.

Uji coba penelitian yang sama menguji ekstrak buah lemon pada tikus dengan asam urat tinggi. Tikus-tikus itu juga menunjukkan penurunan kadar asam urat. Studi klinis lain meninjau tes darah 75 orang dewasa yang minum jus lemon segar setiap hari.



Studi tersebut termasuk orang dengan asam urat, orang dengan kadar asam urat tinggi tetapi tidak ada gejala, orang tanpa asam urat atau asam urat tinggi. Setelah enam minggu, semua kelompok menunjukkan tingkat asam urat yang lebih rendah.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa lemon dan air lemon merupakan obat yang berguna untuk membantu mengobati asam urat, bersama dengan obat-obatan dan perubahan pola makan lainnya. Air lemon juga dapat membantu mencegah asam urat pada orang dengan kadar asam urat tinggi.

Ada kemungkinan bahwa bahkan mereka yang memiliki kadar asam urat normal dapat memperoleh manfaat dari penggunaan air lemon untuk menyeimbangkan asam urat dalam darah. Ini karena lemon dapat membantu membuat tubuh lebih basa.

Ini berarti sedikit meningkatkan tingkat pH darah dan cairan lainnya. Air lemon juga membuat urine lebih basa. Menurut penelitian 2015, ini terjadi karena minum air lemon menyebabkan tubuh melepaskan lebih banyak kalsium karbonat.



Mineral kalsium berikatan dengan asam urat dan memecahnya menjadi air dan senyawa lainnya. Ini membuat darah Anda kurang asam dan menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Diperlukan lebih banyak penelitian tentang berapa banyak air lemon atau ekstrak lemon yang Anda butuhkan untuk membantu menurunkan kadar asam urat darah. Studi yang disebutkan di atas menggunakan dosis yang berbeda.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)