Harga Panas Bumi Sulit Turun

Jum'at, 11 November 2016 - 05:40 WIB
Harga Panas Bumi Sulit Turun
Harga Panas Bumi Sulit Turun
A A A
JAKARTA - Tindakan pengambilalihan PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) oleh pihak manapun, termasuk PT PLN (Persero) tidak akan mereduksi harga jual listrik PGE. Sebab struktur biaya yang membentuk harga jual listrik tersebut tidak akan berubah. Demikian ditegaskan Presiden Serikat Pekerja PGE, Bagus Bramantio kepada wartawan di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Menurut dia, dalam pengusahaan panas bumi saat ini, PGE jauh lebih efisien dibanding pengusahaan panas bumi yang dilakukan oleh PLN. Salah satunya terkait dengan Geothemal Drilling Unit Cost (GDUC), dimana GDUC PGE jauh lebih efisien dibanding PLN. "Dengan demikian, tindakan pengambilalihan PGE oleh PLN tidak akan membuat harga jual listrik PGE menjadi lebih murah," tukasnya.

Lanjut Bagus, terkait harga energi panas bumi sebagaimana Pasal 22 UU No. 21 Tahun 2014, maka konsep harga energi panas bumi yang akan diberlakukan oleh Pemerintah adalah feed in tariff dengan konsep fixed tariff.

Pengambilalihan ini berpotensi menjadi pembuka pintu bagi pihak lain, untuk meminta kepemilikan saham di PGE. Sehingga berpotensi menghambat kegiatan operasional PGE.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3675 seconds (0.1#10.140)