Transformasi BSD City Menjadi Kota Pintar

Minggu, 13 November 2016 - 22:57 WIB
Transformasi BSD City Menjadi Kota Pintar
Transformasi BSD City Menjadi Kota Pintar
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan penduduk dan terbatasnya lahan hunian di Ibu Kota membuat masyarakat kini memilih untuk memiliki hunian di kawasan sub urban. Kawasan penyangga Ibu Kota, seperti Bekasi, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan kini banyak ditumbuhi hunian-hunian baru.

Di kawasan tersebut beragam hunian landed house maupun high rise building dari berbagai jenis mulai hunian sederhana, menengah, mewah, tumbuh pesat. Juga kawasan perkantoran dan komersial, seperti rumah toko (ruko) dan lifestyle center.

Menurut riset Indonesia Property Watch (IPW) dan lembaga riset properti lainnya, kawasan Tangerang dan Tangerang Selatan, seperti Alam Sutera, BSD City, Gading Serpong adalah lokasi paling favorit bagi masyarakat.

Kawasan tersebut didukung infrastruktur transportasi yang sangat memadai. Jika Alam Sutera dan Gading Serpong bisa diakses melalui jalan Tol Jakarta-Merak, BSD City juga bisa diakses dari jalur Tol JORR dan kereta api. Inilah yang membuat BSD City lebih unggul dibandingkan kawasan lainnya.

Tak hanya itu, sejak resmi dibesut Sinar Mas Land pada awal 2000-an silam, BSD City bertransformasi menjadi kota mandiri dengan beragam fasilitas berkelas. Ada AEON Mall, ICE (Indonesia Convention Exhibition), CBD, serta fasilitas lain, di antaranya The Breeze, Foresta Business Loft, Qbic dan Courts Megastore.

Setelah sukses menghadirkan beragam produk properti, kini Sinar Mas Land kembali melakukan terobosan baru. Yakni mewujudkan transformasi BSD City sebagai integrated smart digital city dengan meluncurkan kawasan Digital Hub seluas 25,86 hektare di bagian selatan Green Office Park, BSD City. Digital Hub merupakan inovasi pengembang untuk menjawab kebutuhan masyarakat di era teknologi digital akan kawasan yang memiliki infrastruktur teknologi, fasilitas lengkap, serta berlokasi strategis dan multi akses.

Kawasan ini didedikasikan sebagai ‘Silicon Valley’ Indonesia, dipersembahkan khusus untuk menunjang operasional dan aktivitas keseharian perusahaan teknologi dan digital, mulai dari start up company, technology leaders, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT Science .

Dalam keterangan resminya, Managing Director President Office Sinar Mas Land, Dhony Rahajoe mengungkapkan, dengan memaksimalkan penggunaan infrastruktur teknologi dan digital yang ada di kawasan Digital Hub, Sinar Mas Land mempercayakan MyRepublic untuk dapat menyediakan layanan internet yang cepat dan stabil.

sinar mas
Kehadiran MyRepublic Plaza, yang merupakan landmark MyRepublic wilayah Tangerang, kawasan Digital Hub diharapkan dapat dilengkapi dengan fasilitas dan layanan internet terbaik bagi masyarakat terutama yang berdomisili di wilayah Digital Hub BSD City dan sekitarnya.

Kebutuhan internet dan teknologi digital merupakan dua hal yang saling melengkapi. Untuk memaksimalkan penggunaan dari teknologi digital tentu dibutuhkan akses internet yang cepat dan stabil. Sinar Mas Land ingin agar semua infrastruktur teknologi digital yang tersedia di wilayah Digital Hub dapat didukung oleh akses internet terbaik sehingga masyarakat nantinya dapat memaksimalkan penggunaan dari teknologi-digital tersebut.

BSD City kini merupakan kombinasi perkantoran, retail dan kawasan residensial yang dikembangkan dengan memperhatikan aspek ramah lingkungan dan pelestarian alam. Digital Hub merupakan inovasi proyek terbaru Sinar Mas Land yang menjadi bagian dari target utama yakni menjadikan BSD City sebagai pionir Integrated Smart Digital City di Tanah Air.

Kawasan Digital Hub juga akan menargetkan research center, institusi-institusi pendidikan dengan jurusan jurusan technology/IT/science dan juga creative, serta beragam tipe usaha yang berkaitan dengan creative technology, seperti animasi, 3D.

Konstruksi pembangunan infrastruktur Digital Hub ditargetkan dapat dimulai pada 2017. Desain kawasan Digital Hub ini dirancang khusus oleh Pomeroy Studio Digital Hub BSD City sebagai eco-project terbaru berkonsep kampus pengetahuan atau knowledge campus yang meredefinisi model bisnis park melalui sharing economy yang melewati batasan dari desain sustainable sebuah bangunan.

Digital Hub nantinya akan diperkaya dengan pengembangan mixed use yang meliputi infrastruktur bisnis, retail dan lifestyle. Keberadaan berbagai infrastruktur tersebut memperkuat peran Digital Hub di wilayah sekitar, sebagai lokasi sentra usaha dan bisnis impian bagi perusahaan teknologi, start up companies, dan komunitas digital.

sinar mas
Semu hal yang telah dan sedang dilakukan tersebut merupakan upaya Sinar Mas Land menjadikan BSD City sebagai kota masa depan yang dibangun dengan informasi canggih dan teknologi komunikasi, seiring kemunculan tren teknologi digital dan perubahan pola kehidupan masyarakat yang membutuhkan implementasi pelayanan berbasis ICT (Information Communications Technology).

Sinar Mas Land berupaya agar semua masyarakat yang menghuni wilayah BSD City memiliki sarana dan prasarana berkualitas, mendapatkan kualitas kehidupan terbaik serta kemudahan dalam berbagai macam hal.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5641 seconds (0.1#10.140)