alexa snippet

Wamenkeu: Ekonomi ASEAN Imun dari Gejolak Perekonomian Global

Wamenkeu: Ekonomi ASEAN Imun dari Gejolak Perekonomian Global
Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo mengungkapkan, gejolak perekonomian global yang terjadi saat ini tidak terlalu memengaruhi kondisi perekonomian di regional ASEAN. Menurutnya, ekonomi negara-negara ASEAN terbukti tangguh meski digempur dengan ketidakpastian global.

Dia mengatakan, meski ketidakpastian tersebut dikombinasikan dengan normalisasi kebijakan moneter Amerika Serikat (AS), Brexit, volatilitas harga minyak dunia, dan moderasi ekonomi China, namun kawasan ASEAN telah terbutki tangguh selama periode ini. Bahkan, katanya, prospek perekonomian ASEAN tetap kuat di masa yang akan datang.

"Saya percaya stabilitas dan keuletan dari ekonomi ASEAN akan berlanjut di masa depan meski ada beberapa tekanan yang berkelanjutan terhadap keuangan kita dan pasar obligasi karena terpilihnya Presiden AS," katanya di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Selasa (15/11/2016).

Dia menilai, ASEAN telah menunjukkan rekam jejak dari pertumbuhan yang mengesankan. Banyak lembaga meramalkan ASEAN sebagai salah satu kawasan yang paling cepat berkembang di dunia. "Tidak diragukan lagi alasan bahwa ASEAN telah semakin dipandang sebagai tujuan investasi yang menarik," imbuh dia.

Menurut Mardiasmo, ketangguhan ASEAN salah satunya didorong oleh pemberlakuan ASEAN Economic Community (AEC) pada tahun 2016 dengan skema bertajuk "AEC 2025: Menghadapi Masa Depan Bersama".

Skema ini menetapkan platform untuk lebih meningkatkan dan memperkuat integrasi di wilayah tersebut dan dalam komunitas global selama sepuluh tahun ke depan.

"Tujuan dari sebuah komunitas ekonomi terpadu telah dibuat lebih menantang untuk bertahan dalam ketidakseimbangan dan ketidakpastian global," tandasnya.



(ven)
dibaca 3.519x
loading gif
Top