Tren Suku Bunga Turun, Pengusaha Tahan Ambil Kredit

Kamis, 17 November 2016 - 14:00 WIB
Tren Suku Bunga Turun, Pengusaha Tahan Ambil Kredit
Tren Suku Bunga Turun, Pengusaha Tahan Ambil Kredit
A A A
JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyatakan, suku bunga sedang dalam tren penurunan. Sehingga, banyak pengusaha menahan untuk mengambil atau mengajukan kredit.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan, pengusaha masih melihat dan menunggu perkembangan yang akan terjadi dari kebijakan penyesuaian suku bunga Bank Indonesia (BI) sore ini. Sementara ekspansi perusahaan akan lebih mengarah ke susbtitusi impor.

"Suku bunga itu trennya turun, pengusaha wait and see, enggak ajukan kredit dulu, tahan diri semua. Lagi enggak bagus juga tapi ekspansi lebih ke susbtitusi impor," ujarnya di Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Menurutnya, kecil kemungkinan Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) akan menaikkan suku bunga sebelum akhir tahun ini. Jika hal itu benar terjadi, maka jadi keputusan tepat untuk BI kembali menurunkan suku bunga acuan.

"Saya lihat kecil banget Fed rate naik kalau kayak model Trump gitu (Presidennya), enggak naik. Sementara kalau ekspor enggak naik, cadangan devisa rawan juga. BI enggak bisa sendiri kita harus bersama sama," kata Hariyadi.

Dia menuturkan, BI pasti tetap akan melihat perkembangan di pasar keuangan sebelum mengambil kebijakan tersebut. Kendati demikian, semestinya BI tidak perlu menahan BI seven days repo rate karena tren suku bunga sedang turun.

"Sudah cukup ikuti market, seven days repo ini enggak perlu ditahan. Itu mekanisme pasar, orang enggak lakukan ekspansi, itu otomatis akan turun," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4957 seconds (0.1#10.140)