Penyelenggaraan Haji 2023 Berakhir Dua Minggu Lagi

Jum'at, 21 Juli 2023 - 01:10 WIB
loading...
Penyelenggaraan Haji 2023 Berakhir Dua Minggu Lagi
Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Subhan Cholid mengatakan, saat ini merupakan hari ke-57 penyelenggaraan ibadah haji sejak dimulai pada Selasa, 23 Mei 2023. Foto/Sucipto
A A A
JEDDAH - Penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023M dalam waktu dekat akan segera berakhir. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi berharap pelayanan kepada jemaah dapat berjalan dengan baik hingga akhir operasional.

Ketua PPIH Subhan Cholid mengatakan, saat ini merupakan hari ke-57 penyelenggaraan ibadah haji sejak dimulai pada Selasa, 23 Mei 2023. "Masih ada sekitar 13 sampai 14 hari ke depan untuk menyelesaikan operasional ini," ujar Subhan saat melepas kepulangan petugas haji yang tergabung dalam Media Center Haji (MCH) 2023 ke Tanah Air di Kantor Urusan Haji (KUH) di Jeddah, Kamis (20/7/2023).

Subhan berharap di sisa hari penyelenggaraan ibadah haji, pihaknya bisa melayani jemaah haji dengan baik sampai kepulangan mereka ke Tanah Air. "Mudah-mudahan sisa hari yang akan kita laksanakan ini ini berjalan dengan baik dan jemaah haji dapat terlayani dengan baik sampai dengan berakhirnya masa operasional haji," ujarnya.





Dalam kesempatan itu, Subhan menyebut, jemaah haji gelombang pertama akan selesai pemulangannya ke Tanah Air dalam waktu 3-4 hari ke depan. "Selanjutnya kita akan berpindah ke Madinah untuk menyelesaikan sisa-sisa jemaah haji di gelombang kedua. Mudah-mudahan jemaah bisa melakukan ibadah di Madinah dan PPIH Daker Madinah bisa memberikan layanan yang terbaiknya serta tetap bersemangat sampai akhir masa operasional haji di 1444 H," katanya.

Terkait dengan jemaah haji yang hilang, Subhan mengatakan, pihaknya masih punya waktu untuk menemukan jemaah haji atas nama Idun yang sampai saat ini masih belum ditemukan.

"Kami terus melakukan upaya pencarian dan hari ini tadi pagi sebelum berangkat ke Jeddah saya melakukan koordinasi dengan pihak maktab dan kepolisian Makkah untuk meng-update seperti apa yang telah mereka temukan juga tim PPIH Linjam," ujarnya.

Subhan berharap jemaah haji yang hilang segera ditemukan. Saat ini pihaknya masih melakukan komunikasi dengan pihak keluarga. "Apabila sampai dengan masa PPIH berakhir namun belum bisa kita temukan maka akan kita limpahkan, kita serahkan kepada perwakilan kita di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) untuk melanjutkan sampai ke proses berikutnya yang terakhir," ucapnya.

Diketahui, tiga jemaah haji Indonesia hilang saat puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Ketiganya yakni, Idun Rohim Zen (87) dari Embarkasi Palembang Kloter 20 (PLM 20), Suharja Wardi Ardi (69) dari Embarkasi Kertajati Kloter 10, dan Niron Sunar Suna (77) dari Embarkasi Surabaya Kloter 65 (SUB 65).

Dua di antaranya telah ditemukan meninggal dunia yakni, Niron Sunar Suna,77, ditemukan meninggal dunia di Rumah Sakit An Nur. Kemudian, Suharja Wardi Ardi,69, juga ditemukan sudah meninggal dunia Rumah Sakit (RS) Mu'aisyim, Mina, Makkah.

Saat ini, masih ada satu jemaah yang masih dicari, yaitu Idun Rohim Zen,87, yang tergabung dalam kloter 20 Embarkasi Palembang.
(rca)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2051 seconds (0.1#10.140)