Kementerian PUPR Fokus Geber Kualitas SDM demi Infrastruktur

Rabu, 23 November 2016 - 23:02 WIB
Kementerian PUPR Fokus Geber Kualitas SDM demi Infrastruktur
Kementerian PUPR Fokus Geber Kualitas SDM demi Infrastruktur
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mencoba meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia). Hal ini mengingat vitalnya peran SDM dalam pembangunan infrastruktur serta untuk mewujudkan pemenuhan hak dasar rakyat seperti pangan, sandang dan papan.

Oleh karenanya Kementerian PUPR membentuk Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), yang sesuai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 15/ PRT/M/ZOlS tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Karena, pembangunan infrastruktur berdampak pada pertumbuhan ekonomi bangsa dan peningkatan daya saing global," ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (23/11/2016).

Dalam rangka melaksanakan pembangunan infrastruktur yang handal, lanjut dia dibutuhkan sumber daya manusia yang profesional, yang menjadi faktor utama dalam meningkatkan produktivitas bagi Kementerian PUPR yang memiliki fungsi menyelenggarakan pembangunan infrastruktur.

Terkait perkembangan SDM, BPSDM Kementerian PUPR memiliki sejumlah tantangan. Basuki menjabarkan, tantangan tersebut yakni keterbatasan jumlah SDM Teknis dan SDM yang kompeten, potensi kuaIitas SDM yang belum semuanya terpetakan, kompetensi dan kinerja, yang menyebabkan pengembangan SDM belum mencapai tahap maksimal, serta perubahan pola pikir PNS dari zona nyaman menjadi zona kompetitif.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPSDM Andreas Suhono menegaskan, sangat diperlukan insan PUPR yang berkualitas. Menurutnya, BPSDM terus memaksimalkan pengembangan SDM Kementerian PUPR.

"Langkah yang kami lakukan, melalui pemetaan kompetensi dan potensi melalui assessment center, pengembangan pemantauan kinerja, pengembangan kompetensi, pengembangan jabatan fungsional, dan pengembangan talent pool atau kelompok pegawai berprestasi yang telah melalui tahapan seleksi dipersiapkan menempati posisi utama dalam organisasi," imbuh Andreas.

Selain itu, untuk meningkatkan kapasitas PNS PUPR selain melalui jalur pelatihan juga melalui jalur pendidikan. Sampai saat ini, Kementerian PUPR telah bekerja sama dengan 14 perguruan tinggi mitra melalui program karyasiswa pendidikan kedinasan dan vokasi untuk PNS Kementerian PUPR dan Dinas PUPR.

"Terlebih lagi, dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, Aparatur Sipil Negara sebagai tulang punggung jalannya pemerintahan di Indonesia harus siap menghadapi persaingan dengan membangun birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang professional dan berkualitas," kata dia.

Sehubungan dengan hal itu juga, BPSDM Kementerian PUPR menggelar acara BPDSM Expo dan Kolokium Pendidikan Kedinasan. Acara ini merupakan bentuk upaya BPSDM untuk menyampaikan informasi terkait program dan kegiatan yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan atau direncanakan dalam rangka peningkatan kapasitas SDM Kementerian PUPR.

Tujuan dari acara ini adalah untuk mempublikasikan produk dan kegiatan yang dilakukan oleh BPSDM dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur dengan peningkatan kualitas SDM PUPR.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yakni, Rabu dan Kamis atau 23 hingga 24 November 2016 di Gedung Kementerian PUPR. Dengan adanya acara BPSDM Expo, pegawai di lingkungan Kementerian PUPR diharapkan bisa mengembangkan diri, merencanakan jenjang kariernya, serta memperoleh informasi mengenai beasiswa pendidikan kedinasan dan vokasi Kementerian PUPR.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6697 seconds (0.1#10.140)