alexa snippet

Harga Minyak Statis Jelang Pertemuan OPEC

Harga Minyak Statis Jelang Pertemuan OPEC
Harga minyak statis pada Jumat (25/11/2016) akibat ketidakpastian pemotongan produksi oleh OPEC. Foto/Istimewa
A+ A-
SINGAPURA - Perdagangan minyak pada Jumat (25/11/2016) dibuka statis, imbas ketidakpastian rencana Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk memotong produksi minyak mentah.

Melansir dari Reuters, harga minyak mentah berjangka Internasional Brent diperdagangkan turun 3 sen ke USD48,97 per barel pada pukul 01:02 GMT.

Sementara itu, minyak mentah berjangka Amerika Serikat, West Texas Intermediate (WTI) naik 1 sen ke USD47,97 per barel.

Para pedagang mengatakan kegiatan pasar minyak hari ini dibuka rendah, karena liburan Thanksgiving di AS. Selain itu, ketidakpastian mengenai pemotongan produksi minyak yang direncanakan OPEC.

OPEC dijadwalkan akan bertemu pada 30 November untuk mengkoordinasikan rencana memotong produksi, bersama-sama dengan anggota non-OPEC Rusia. Namun ada perbedaan pendapat dalam anggota OPEC soal berapa banyak jumlah produksi yang harus dipotong.

"Harga minyak mendatar karena investor seperti sedang duduk-duduk santai menunggu pertemuan OPEC di Wina, Austria, pada pekan depan," tulis ANZ Bank pada Jumat ini.

Mayoritas analis percaya bahwa pemotongan produksi akan disetujui oleh negara OPEC, meski tidak pasti apakah rencana itu cukup untuk menopang harga minyak menjadi lebih mantap karena selama lebih dua tahun terjadi overhang pasokan bahan bakar.

Di luar soal OPEC, para pedagang khawatir dengan menguatnya dolar AS, yang bulan ini telah mencapai level tertinggi sejak tahun 2003. Perkasanya indeks dolar AS terhadap sekeranjang mata uang utama telah mempengaruhi harga minyak.

Pasalnya minyak diperdagangkan dengan dolar, sehingga dolar yang kuat membuat pembelian bahan bakar lebih mahal bagi negara-negara yang menggunakan mata uang lainnya. Dan hal tersebut dapat mempengaruhi permintaan.



(ven)
dibaca 6.728x
loading gif
Top