Saran Miliarder Mark Cuban untuk Memulai Bisnis

Selasa, 29 November 2016 - 14:11 WIB
Saran Miliarder Mark Cuban untuk Memulai Bisnis
Saran Miliarder Mark Cuban untuk Memulai Bisnis
A A A
DI Amerika Serikat (AS) baru tumbuh bisnis start up dan berbagai kebijakan yang membuat siapapun lebih mudah untuk memulai bisnis. Namun, kenyataannya banyak start up tidak bertahan selama satu tahun.

Seperti dikutip dari CNBC, Selasa (29/11/2016), salah miliarder terkaya di dunia, Mark Cuban menuturkan ada lima saran yang harus diperhatikan pengusaha untuk menghindari kegagalan, yaitu:

1. Membuat penelitian

Sebelum memulai bisnis, Cuba melakukan penelitian yang luas pada industri untuk melihat apakah peluang tersebut menarik dan berpotensi menguntungkan.

"Ini benar-benar dibutuhkan untuk mengetahui sebuah industri itu baik, itulah sebabnya saya menghindari berinvestasi di industri yang saya tidak tahu," kata dia.

"Anda perlu untuk menyerahkan setiap batu dan membuka setiap pintu untuk belajar di industri Anda. Proses ini tidak pernah berakhir," imbuhnya.

2. Membuat rencana bisnis dengan fleksibel

Jika Anda berpikir rencana bisnis Anda adalah harga mati, perlu untuk dipikirkan lagi. Cuba menekankan pentingnya meninggalkan rencana bisnis untuk perubahan.

3. Pikirkan kembali strategi pendanaan

Mendapatkan uang tunai untuk bisnis Anda adalah penting, tapi ada cara yang tepat untuk melakukannya. "Anda harus melakukan segala kemungkinan untuk tidak menaikkan dana," katanya.

4. Jadilah lebih baik dari kompetitor

"Anda mengeksekusi lebih baik dari yang mereka bisa. Apakah pekerjaan yang lebih baik dan memiliki diferensiasi yang menarik bahwa Anda selalu membangun," tulis Cuba.

5. Jauhi sektor bisnis yang sudah ramai

Pengusaha tidak harus memulai bisnis di industri yang sudah ramai. Namun sebaliknya, mereka harus mencari celah di pasar di mana mereka dapat menambahkan nilai unik.

Tentu saja, setelah Anda punya bisnis dan berjalan, saatnya untuk meningkatkan dan menjadi pemimpin. Lihat saran Cuba pada apa yang tidak harus dilakukan jika Anda ingin menjadi bos besar.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5472 seconds (0.1#10.140)