alexa snippet

BNI Dukung Penuh Integrated Billing System Pelindo

BNI Dukung Penuh Integrated Billing System Pelindo
BNI meneken Nota Kesepahaman Layanan Cash Management untuk mendukung pembentukan Integrated Billing System yang tengah dibangun oleh Pelindo. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menandatangani Nota Kesepahaman Layanan Cash Management untuk mendukung pembentukan Integrated Billing System yang tengah dibangun oleh 4 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang kepelabuhanan yaitu Pelindo I, II, III dan Pelindo IV.
          
Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara BNI serta beberapa bank lain dengan ke-4 Pelindo tersebut dilaksanakan di Jakarta, Selasa (29/11/2016). Hadir pada kesempatan tersebut dan turut menyaksikan penandatanganan MoU, Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni dan Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto.
          
Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto mengungkapkan, dalam rangka mendukung bisnis kepelabuhanan, BNI telah membangun kerja sama dengan Pelindo I, II, III, dan IV (Persero) dalam bidang cash management. Beberapa kerja sama yang sudah dikembangkan antara BNI dengan Pelindo I, II, III, dan IV (Persero) antara lain Billing Payment Host to Host, Autocollection, Autodebet Collection melalui BNIDirect, Pembayaran ke Pihak Ketiga melalui BNIDirect, Pembayaran Pajak dan PNBP melalui BNIDirect, serta layanan Cash Pooling melalui BNIDirect.

“Cash Management Services BNI didesain secara customized sesuai dengan kebutuhan Pelindo dalam pengelolaan keuangan dan pembayaran secara terintegrasi sebagai solusi bisnis yang terpadu,” ujar Suprajarto dalam keterangan tertulis di Jakarta.
          
Dalam rangka mendukung Integrated Billing System, BNI telah mengimplementasikan sistem Host to Host Autocollection dan Billing Payment di Pelindo I, II, III, dan IV (Persero) dengan channel antara lain Teller BNI, ATM/mini ATM BNI, dan Internet Banking BNI.

Dengan implementasi sistem Host to Host tersebut diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam hal pelaporan, monitoring transaksi dan rekonsiliasi di Pelindo I, II, III, IV (Persero), serta memberi kemudahan pembayaran bagi pengguna jasa pelabuhan. Selain itu BNI akan mengembangkan port service financing berupa skim pembiayaan kepada pengguna jasa Pelindo yang diintegrasikan dengan sistem penerimaan jasa kepelabuhanan.
          
Dengan dukungan kepada Pelindo tersebut, saat ini market share BNI dalam pengelolaan penerimaan jasa kepelabuhanan mencapai 30-40%. Dukungan BNI terhadap Pelindo dalam membangun sistem terintegrasi ini adalah dengan memberikan infrastruktur dan sistem teknologi terdepan serta ditangani oleh Sumber Daya Manusia (SDM) berkompetensi global, sehingga upaya untuk mengintegrasikan Seluruh Jasa Kepelabuhan di lingkungan Pelindo dapat dicapai lebih cepat.
          
Cash Management BNI telah dinobatkan sebagai The Best Local Bank-Cash Management dari tahun 2010, 2012 hingga 2016 untuk Large and Medium Sized Corporates dari AsiaMoney Magazines. Cash Management BNI juga menjadi Best Cash Management Provider of The Year in Southeast Asia dari tahun 2011 hingga 2016 oleh Alpha Southeast Asia Magazines.



(akr)
dibaca 6.100x
loading gif
Top