alexa snippet

Konsisten Kebijakan Jadi Jaminan Ekonomi RI Tumbuh 5%

Konsisten Kebijakan Jadi Jaminan Ekonomi RI Tumbuh 5%
Chief Economist Bank Danamon mengatakan, konsistensi pemerintahan Jokowi dalam mengimplementasikan tiap kebijakan dinilai bisa menjamin pertumbuhan ekonomi. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Chief Economist Bank Danamon Anton Hendranata mengatakan, konsistensi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dalam mengimplementasikan tiap kebijakan dinilai bisa menjamin pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap pada tren positif. Diprediksi pada tahun depan ekonomi akan tumbuh pada kisaran level 5%-5,1%.

"Kalau Presiden Jokowi konsisten dengan kebijakan ekonominya, kita akan memiliki jaminan dalam pertumbuhan ekonomi ke depannya," ujarnya di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Lebih lanjut dia menerangkan, 14 paket kebijakan yang sudah keluar jangan sampai hanya dicap seperti sebuah serial drama. Hasil dari itu semua diharapkan bisa mendorong perekonomian dengan pembangunan infrastruktur, deregulasi perizinan, dan menggenjot komoditas ekspor lewat diversifikasi produk.

"Paket kebijakan ekonomi sangat penting karena Indonesia punya karakter ekonomi dan sosial yang kompleks. Perlu detil permasalahnnya satu per satu. Walaupun ini (paket kebijakan ekonomi) ada yang mencemooh dianggap seperti sinetron, berseri," katanya.

Kebijakan lain seperti program tax amnesty atau pengampunan pajak juga dinilainya akan jadi tonggak dalam menggerakkan perekonomian nasional. Pada periode I lalu, program amnesti pajak sudah dapat meraih uang tebusan sebanyak Rp97,2 triliun.

"Katalisnya masih berasumsi pada awal tahun program tax amnesty memberikan dorongan ke perekonomian Indonesia terutama dalam pembangunan infrastruktur," pungkasnya.



(akr)
dibaca 4.122x
loading gif
Top