Inilah Cat Terputih di Dunia, Bisa Pantulkan Sinar Matahari hingga 98 Persen

Selasa, 25 Juli 2023 - 07:02 WIB
loading...
Inilah Cat Terputih di Dunia, Bisa Pantulkan Sinar Matahari hingga 98 Persen
Cat terputih di dunia tidak hanya membuat kendaraan lebih nyaman, juga ramah lingkungan. Foto: Drive
A A A
AMERIKA - Ilmuwan dari Purdue University, Amerika, berhasil membuat cat terputih di dunia . Tujuannya unik, yakni untuk mengurangi tingkat pemanasan global . Cat terputih di dunia itu diklaim ideal dipakai untuk mobil, kereta, atau pesawat terbang. Dampaknya, adalah memberi kenyamanan di kondisi seperti sekarang dengan gelombang panas tinggi yang sering sekali terjadi.

Sebab, cat terputih di dunia itu bisa memantulkan sinar matahari hingga 98 persen. Kemampuan cat terputih di dunia itu makin spesial karena bisa menjaga permukaan tetap dingin. Jadi, berbagai moda transportasi yang menggunakan cat terputih di dunia itu tidak perlu memaksimalkan sistem pendinginan guna mempertahankan kenyamanan suhu ruangan.

Inilah Cat Terputih di Dunia, Bisa Pantulkan Sinar Matahari hingga 98 Persen

“Cat ini berpotensi mendinginkan eksterior pesawat, mobil, atau kereta api. Pesawat yang duduk di landasan pada musim panas, misalnya, tidak perlu menjalankan AC terlalu kencang. Itu berarti menghemat energi dalam jumlah besar,” kata ilmuwan dari Purdue University, George Chiu.

Ilmuwan lainnya, Xiulin Ruan mengatakan penggunaan cat terputih di dunia memang bertujuan untuk mengurangi penggunaan energi. Pada akhirnya cat tersebut bisa dimaksimalkan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

"Tidak seperti metode pendinginan lainnya, cat putih itu bisa memancarkan semua panas ke luar angkasa, yang juga secara langsung mendinginkan planet kita,” kata Xiulin Ruan.

Inilah Cat Terputih di Dunia, Bisa Pantulkan Sinar Matahari hingga 98 Persen

Pesawat menggunakan cat terputih di dunia tidak mudah panas.

Saat ini cat tersebut memang masih belum dijual secara komersial. Hanya saja beberapa perusahaan sudah melakukan pendekatan untuk menggunakan teknologi yang ada di cat terputih di dunia itu.



Sementara situs Drive mengatakan cat terputih di dunia itu merupakan lawan sepadan dari cat terhitam di dunia. Diketahui sekelompok ilmuwan di Inggris pernah membuat cat terhitam di dunia. Cat terhitam di dunia itu bahkan sudah diaplikasikan dimobilBMWX6.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2134 seconds (0.1#10.140)