alexa snippet

Jokowi Minta Menpar Lipat Gandakan Jumlah Wisman

Jokowi Minta Menpar Lipat Gandakan Jumlah Wisman
Presiden Jokowi meminta Menpar Arief Yahya untuk meningkat jumlah wisman. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya untuk meningkat jumlah wisatawan mancanegara (wisman). Jokowi menargetkan jumlah wisman bisa melompat 20 juta wisatawan hingga 2019.

Sementara saat ini, jumlah wisatawan hanya 9 juta orang. "Target saya ke Menteri Pariwisata (jumlah wisatawan) 20 juta," kata Jokowi dalam Pembukaan Rapimnas Kadin di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Target ini mengacu pada dua negara tetangga Indonesia, yakni Malaysia dan Thailand yang jumlah wisatawannya jauh lebih besar ketimbang Indonesia. Padahal, jumlah destinasi wisata di dua negara tersebut kalah dibanding Tanah Air.

"‎Saya targetkan 2019 harus sudah mencapai 2 kali lipat yaitu lebih dari 20 juta. Karena Malaysia sekarang 24 juta, Thailand terakhir saya tanyakan menparnya 29,8 juta wisatawan. Padahal destinasi, lokasi kita jauh lebih baik dan banyak. Tapi hanya 9 juta," imbuh dia.

Karena itu, sambung mantan Gubernur DKI Jakarta ini, pemerintah tengah mengembangkan 10 destinasi wisata baru di antaranya Danau Toba, Wakatobi, Pulau Komodo, Labuan Bajo, dan Mandalika. Dengan harapan, pengembangan destinasi tersebut akan meningkatkan minat wisatawan untuk melancong ke Indonesia.

"‎Sehingga, saya minta kepada kepala BKPM untuk berikan perhatian khusus investor di sektor pariwisata. Karena sektor ini untuk trigger ekonomi, UMKM. Itu sangat berdampak sekali‎," tandasnya.



(izz)
dibaca 2.798x
loading gif
Top