alexa snippet

Menko Darmin Pastikan Dampak RI Tinggalkan OPEC Tak Besar

Menko Darmin Pastikan Dampak RI Tinggalkan OPEC Tak Besar
Menko Darmin memastikan, dampak keputusan Indonesia untuk membekukan keanggotaan dalam OPEC tidak terlalu besar, karena produksi RI minim. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan, keputusan Indonesia untuk membekukan keanggotaannya dalam Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (Organization of Petroleum Exporting Countries/OPEC) tidak akan terlalu berdampak terhadap Indonesia. Pasalnya, Indonesia saat ini bukan lagi negara pengekspor minyak.

(Baca Juga: Demi APBN, Jokowi Tak Masalah Indonesia Keluar dari OPEC)

Dia mengatakan, peranan produksi minyak Indonesia untuk internasional tidak terlalu banyak. Sehingga, keuntungan Indonesia menjadi anggota OPEC hanyalah kesempatan untuk ikut berunding dengan negara anggota lainnya.

"Karena memang kita peranannya, peranan produksi minyak kita untuk internasional enggak terlalu banyak. Sehingga ya kalau kita di dalam maka kita bisa ikut berunding, kerja sama dengan anggota OPEC. Kalau kita di luar, juga ya tidak banyak bedanya sebetulnya," katanya di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

(Baca Juga: Indonesia Bekukan Sementara Keanggotaan di OPEC)

Sementara terkait keputusan OPEC untuk memangkas produksi minyaknya, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini berharap harga minyak dunia akan terkerek. Namun, hal tersebut masih tergantung pada keputusan Rusia sebagai negara eksportir minyak namun bukan anggota OPEC, untuk turut serta memangkas produksi minyaknya.

"Kemudian yang kedua seberapa kompak OPEC itu. Tapi arahnya ini akan membaik angkanya," tegas dia.



(akr)
dibaca 2.565x
loading gif
Top