alexa snippet

Inflasi Komponen Inti November Terendah dalam 12 Tahun

Inflasi Komponen Inti November Terendah dalam 12 Tahun
Inflasi komponen inti pada November 2016 tercatat jadi yang paling rendah sejak 2004 atau dalam 12 tahun, terakhir atau sebesar 3,07%. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadiwibowo menerangkan, bahwa inflasi komponen inti menjelang akhir tahun sebesar 3,07%. Inflasi komponen inti pada November 2016 tercatat jadi yang paling rendah sejak 2004 atau dalam 12 tahun, terakhir.

"Inflasi komponen inti ini terendah sepanjang kita mengeluarkan rilis tentang inflasi komponen inti di 2004. Tahun-tahun yang lain masih di atas itu," kata Sasmito di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

(Baca Juga: Inflasi November Tercatat BPS 0,47%)

Beberapa penyebab dari rendahnya inflasi komponen inti sejak tahun 2004 lalu, di antaranya yakni adalah ekspor impor Indonesia yang masih cukup rendah. Harga komoditas tertentu juga bergejolak seperti bawang, cabai dan tomat.

Sementara pada sektor energi mengalami kenaikan harga 0,16%, yang dikarenakan adanya kenaikan sedikit pada bensin. "Ini ada beberapa kenaikan di bensin juga naik sedikit. Tapi secara YoY komponen energi masih negatif tumbuhnya atau deflasi 4,54%," imbuhnya.

Dirinya berharap,mudah-mudahan inflasi komponen inti ini merupakan jurang terendah dari inflasi inti, karena kita masih negara yang sedang berkembang. "Inflasi masih kita butuhkan, asal jangan tinggi-tinggi. Kalau tidak ada inflasi, itu berarti demandnya ada masalah. Sepanjang masih ada inflasi, berrti demand kita masih bagus, tapi jangan tinggi-tinggi, karena akan menggerus pendapatan kita," tutup dia.



(akr)
dibaca 4.694x
loading gif
Top