Sederet Beasiswa di UGM dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Rabu, 26 Juli 2023 - 11:03 WIB
loading...
Sederet Beasiswa di UGM dan Bagaimana Cara Mendapatkannya
Bagi kalian yang ingin kuliah gratis di UGM, ada sederet beasiswa yang tersedia di UGM. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) banyak menyediakan beasiswa untuk mahasiswa UGM. Bahkan tidak hanya beasiswa pemerintah tetapi tersedia juga banyak beasiswa dari pihak swasta.

UGM merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia yang sudah berkelas dunia dan menjadi kampus incaran pelajar se-Indonesia.

Jumlah mahasiswa di UGM saat ini sejumlah 61.440 orang mahasiswa sarjana hingga pascasarjana. UGM memiliki 287 program studi yang tersebar di 20 fakultas/sekolah.

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah merupakan salah satu biaya pendidikan yang bisa diakses mahasiswa tidak mampu untuk kuliah di perguruan tinggi, termasuk juga di UGM.

Namun selain KIP Kuliah, UGM juga menerapkan UKT 0 dan juga beragam beasiswa lainnya. Dikutip dari laman resmi UGM, berikut ini informasinya.

Baca juga: 5 Beasiswa untuk Kuliah S3 Terbaik di Luar Negeri, Pilih Amerika atau Eropa?

2 Jenis UKT UGM


Untuk biaya kuliah, mahasiswa UGM yang tidak mampu pun bisa kuliah gratis asalkan memenuhi persyaratan yang berlaku. Untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT), UGM menerapkan dua macam UKT.

1. UKT Pendidikan Unggul: UKT yang ditetapkan secara berkeadilan untuk menciptakan pendidikan unggul yang terjangkau oleh seluruh masyarakat

2. UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi: UKT berupa subsidi berjenjang mulai dari 25 %, 50%, 75%, dan 100% dari besaran nominal UKT Pendidikan Unggul.

Sejumlah mahasiswa dari keluarga tidak mampu pun banyak yang lolos dan dan kuliah gratis di UGM dengan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 100% (UKT).

Contohnya Putri Atmawan Pujaningsih, anak petani dari Sumbawa NTB yang kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi UGM melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2961 seconds (0.1#10.140)