Anwar Abbas Akan Gugat Balik Panji Gumilang Rp2 Triliun

Rabu, 26 Juli 2023 - 14:01 WIB
loading...
Anwar Abbas Akan Gugat Balik Panji Gumilang Rp2 Triliun
Gugatan Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang kepada Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas memasuki tahap persidangan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Gugatan Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Panji Gumilang kepada Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas memasuki tahap persidangan. Untuk sidang perdana, beragendakan pengecekan legal standing atau kedudukan hukum.

Pengacara Anwar Abbas, Ihsan Tanjung menyatakan kliennya siap menghadapi setiap proses persidangan. "Jawaban kami (atas tuduhan Panji Gumilang) sudah lengkap," ujar Ihsan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (26/7/2023).



"Nanti pada saat eksepsi dan jawaban akan kita gugat balik," sambungnya.

Bahkan, Ihsan menegaskan pihaknya siap menggugat balik Pimpinan Ponpes Al Zaytun itu sebesar Rp2 triliun.

"Kami akan gugat balik dengan materiil setengah rupiah, inmateriil Rp2 triliun," ucapnya.

Ihsan menjelaskan gugatan tersebut lantaran Panji Gumilang telah menggeser permasalahan yang sudah menjadi atensi negara dengan mengkambinghitamkan ke MUI.

"Karena apa yang dilakukan telah menggoyang persoalan-persoalan yang sesungguhnya telah menjadi sorotan negara tapi dialihkan ke lembaga lain yang sebetulnya tidak ada persoalan dengan dia," paparnya.

Sebelumnya, Anwar Abbas memenuhi panggilan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (26/7/2023). Panggilan tersebut perihal sidang perdana gugatan perdata yang diajukan Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Panji Gumilang.

Gugatan tercatat dengan nomor perkara 415/Pdt.G/2023/PN Jkt.Pst diajukan oleh Panji Gumilang pada Kamis 6 Juli 2023 dengan klasifikasi Perbuatan Melawan Hukum.

Anwar menyatakan kehadirannya ini sebagai warga negara yang menghormati hukum yang berlaku di Indonesia. Menurutnya, sebagai warga negara yang taat hukum ia akan menghadapi setiap prosesnya.



"Kesimpulan saya apa yang terjadi di pengadilan akan saya hadapi," kata Anwar.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3067 seconds (0.1#10.140)