Jokowi Target 75% Masyarakat RI Punya Tabungan di 2019

Selasa, 06 Desember 2016 - 13:27 WIB
Jokowi Target 75% Masyarakat RI Punya Tabungan di 2019
Jokowi Target 75% Masyarakat RI Punya Tabungan di 2019
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pada 2019, sebanyak 75% dari masyarakat Indonesia sudah memiliki rekening tabungan di perbankan. Sejauh ini masyarakat Indonesia yang sudah melek perbankan baru sekitar 36% hingga 40%.

(Baca Juga: Jokowi Kejar Target Investasi dengan Cara Apapun)

Dia mengungkapkan, tabungan nasional juga merupakan salah satu motor penggerak perekonomian. Karena, dana yang ada di perbankan dapat digunakan untuk membiayai investasi yang dicanangkan oleh pemerintah.

"Saya kira untuk investasi menengah dan kecil juga butuh anggaran dan uang yang mau tidak mau akan menyedot perbankan kita. Tapi kalau tabungan nasional kita tidak bisa beri support disitu. Saya kira ini akan menghambat investasi di dalam negeri," katanya dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Hotel Fairmont, Jakarta Selasa (6/12/2016).

(Baca Juga: Jokowi: Rupiah Versus USD Tak Lagi Relevan Ukur Ekonomi RI)

Oleh karena itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini memberikan ancang-ancang kepada Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution agar tabungan secara nasional di Tanah Air pada 2019 minimal bisa mencapai 75%. Meskipun target tersebut tidak ringan, namun dia meyakini hal tersebut akan dapat tercapai.

"Itu target tidak ringan, tapi saya yakin apabila masyarakat digerakkan untuk menabung, dipromosikan dan disosialisasikan dengan baik, ini bukan sesuatu mustahil mengajak masyarakat masuk ke tabungan kita. Baik pelajar, petani, nelayan, harus mulai kita kenalkan dengan sistem perbankan kita," tegas dia.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8693 seconds (0.1#10.140)