Doa Hari Asyura 10 Muharam Lengkap Arab dan Artinya

Kamis, 27 Juli 2023 - 22:36 WIB
loading...
Doa Hari Asyura 10 Muharam Lengkap Arab dan Artinya
Hari Asyura memiliki kedudukan yang sangat agung dalam Islam sehingga umat muslim dianjurkan berpuasa dan memperbanyak doa di dalamnya. Foto/SINDOnews
A A A
Doa Hari Asyura 10 Muharam termasuk amalan yang sangat baik dipanjatkan kuam muslim. Hari Asyura 1445 Hijriyah jatuh bertepatan Jumat 28 Juli 2023.

Hari Asyura memiliki kedudukan yang sangat agung dalam Islam. Terdapat banyak peristiwa agung dialami para Nabi pada Hari Asyura. Saking mulianya hari ini, Rasulullah ﷺ memerintahkan umatnya berpuasa pada hari itu dan hari sebelum atau setelahnya untuk menyelisihi puasa kaum Yahudi.

Doa Hari Asyura ini dapat dibaca mulai malam ini hingga besok petang sebelum terbenamnya matahari. Doa ini sangat baik diamalkan sebagai wujud syukur dan memohon rahmat Allah.

1. Doa Pertama

اَللّٰهُمَّ يَامُفَرِّجَ كُلِّ كَرْبٍ وَيَامُخْرِجَ ذِى النُّوْنِ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَاجَامِعَ شَمْلِ يَعْقُوْبَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَاغَافِرَذَنْبِ دَاوُدَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَا كَاشِفَ ضُرِّ اَيُّوْبَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَاسَامِعَ دَعْوَةِ مُوْسٰى وَهَارُوْنَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَاخَالِقَ رُوْحِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَارَحْمٰنَ الدُّنْيَاوَاْلاٰخِرَةِ وَاَطِلْ عُمْرِيْ فِيْ طَاعِتِكَ وَمُحَبَّتِكَ وَرِضَاكَ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ وَاَحْيِنِيْ حَيَاةً طَيِّبَةً وَّتَوَفَّنِيْ عَلَى اْلاِسْلَامِ وَاْلاِيْمَانِ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُلِلّٰهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ

Allaaamumma yaa mufarrija kulli karbin, wa yaa mukhrija zhinnuuni yauma 'Asyuuraa, wa yaa jaami'a syamsil Ya'quuba yauma 'Asyuuraa, wa yaa gafiira dzambi Daawuuda yauma 'Asyuuraa, wa yaa kaasyifa dhurri Ayyuuba yauma 'Asyuuraa, wa yaa saami'a da'wati Muusaa wa Haaruuna yauma 'Asyuuraa, wa yaa khaaliqa ruuhi Muhammadin shallallaahu 'alaihi wa sallama yauma 'Asyuuraa.

Yaa Rahmaanad-dun-yaa wal-aakhirah, wa atil 'umrii fii thaa'atika wa mahabbatika wa ridhaka ya Arhamar Raahimiin, wa ahyinii hayaatan tayyibataw wa tawaffanii ‘alal-islaami wal-iimaani yaa Arhamarraahimiin. Wa shallallaahu 'alaa Sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihii wa shahbihii wa sallam, walhamdulillaahi Rabbil-'Aalamiin.

Artinya: "Ya Allah, wahai Yang memberikan jalan keluar dari segala kesusahan, wahai Yang mengeluarkan Zun Nun pada hari Asyura, wahai Yang menghimpun semua keturunan Ya’qub pada hari Asyura, wahai Yang mengampuni dosa Daud pada hari Asyura, wahai Yang melengkapkan penyakit Ayyub pada hari Asyura, wahai Yang mendengar seruan Musa dan Harun pada hari Asyura, wahai Yang menciptakan ruh Muhammad saw pada hari Asyura. Wahai Yang Maha Pemurah di dunia dan di akhirat, panjangkanlah usiaku dalam taat kepada-Mu, mencintai-Mu dan mendapat ridha-Mu wahai Yang Maha Penyayang di antara para penyayang. Hidupkanlah pula aku dalam kehidupan yang baik dan wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan iman. Wahai Yang Maha Penyayang di antara para penyayang. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya, dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam."

2. Doa Kedua
Ulama Ahli Hadis, Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Syarh Sahih Al-Bukhari menyebutkan doa di Hari Asyura. Siapa yang membaca doa ini pada Hari Asyura, maka hatinya tidak akan mati, insya Allah. Berikut lafaz doanya:

سُبْحَانَ الله ملْء الْمِيزَان ومنتهى الْعلم ومبلغ الرِّضَا وزنة الْعَرْش وَالْحَمْد لله ملْء الْمِيزَان ومنتهى الْعلم ومبلغ الرِّضَا وزنة الْعَرْش وَالله أكبر ملْء الْمِيزَان ومنتهى الْعلم ومبلغ الرِّضَا وزنة الْعَرْش لَا ملْجأ وَلَا منجا من الله إِلَّا إِلَيْهِ سُبْحَانَ الله عدد الشفع وَالْوتر وَعدد كَلِمَات الله التامات كلهَا وَالْحَمْد لله عدد الشفع وَالْوتر وَعدد كَلِمَات الله التامات كلهَا وَالله أكبر عدد الشفع وَالْوتر وَعدد كَلِمَات الله التامات كلهَا أَسأَلك السَّلامَة بِرَحْمَتك يَا أرْحم الرَّاحِمِينَ وَلَا حول وَلَا قُوَّة إِلَّا بِاللَّه الْعلي الْعَظِيم وَصلى الله على سيدنَا مُحَمَّد وعَلى آله وَصَحبه أَجْمَعِينَ وَالْحَمْد لله رب الْعَالمين

Subhanallah mil'al mizaan wa muntahal 'ilmi wa mablaghor ridho wa zinatal 'Arsyi walhamdulillaah mil'al mizan wa muntahal 'ilmi wa mablaghor ridhoo wa zinatal 'Arsyi wallahu Akbar mil'al mizan wa muntahal 'ilmi wa mablaghor ridho wa zinatal 'Arsyi la malja'a wa la manja'a minallah illa ilaihi. Subhanallahi 'adadassyaf'i wal watri wa 'adada kalimatillahit-taammati kulliha walhamdu lillaj 'adadasyyaf'i wal watri wa 'adada kalimatillahi at-taammati kulliha wallahu akbar 'adadassyaf'i wal watri wa 'adada kalimatillahttaammati kulliha, as-Alukas salamata birahmatika Ya Arhamar Rahimin, wala haula wala quwwata illaa billahil 'aliyyil azhiim wa shollallahu 'ala sayyidina Muhammadin wa 'ala alihi wa shohbihi ajma'in, walhamdulillaahi Rabbil 'Aalamin.

Artinya: "Maha suci Allah dengan (suci) memenuhi timbangan dan (sampai) dengan puncak ilmu dan (sampai) dengan batas akhir ridlo dan dengan beratnya Arsy. Dan segala puji bagi Allah dengan (pujian) memenuhi timbangan dan (sampai) dengan puncak ilmu dan (sampai) dengan batas akhir ridlo dan dengan beratnya Arsy. Dan Maha besar Allah dengan (kebesaran) memenuhi timbangan dan (sampai) dengan puncak ilmu dan (sampai) dengan batas akhir ridlo dan dengan beratnya Arsy. Tidak ada perlindungan dan tidak ada keselamatan dari Allah kecuali berlindung kepadaNya. Maha suci Allah dengan (sebanyak) bilangan genap dan ganjil dan dengan (sebanyak) bilangan kalimat-kalimat Allah yang semuanya sempurna. Dan Segala puji bagi Allah dengan (sebanyak) bilangan genap dan ganjil dan dengan (sebanyak) bilangan kalimat-kalimat Allah yang semuanya sempurna. Aku memohon keselamatan kepadaMu dengan rahmatMu, wahai Dzat yang Maha Pengasih diantara para pengasih! Dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali Allah yang maha tinggi dan agung. Shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga, sahabat, segala puji hanya milik Allah penguasa alam semesta."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2264 seconds (0.1#10.140)