10 Pulau Terbesar di Dunia, Indonesia Mendominasi

Minggu, 30 Juli 2023 - 21:47 WIB
loading...
10 Pulau Terbesar di Dunia, Indonesia Mendominasi
Madagaskar merupakan salah satu pulau terbesar di dunia. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Diyakini ada jutaan pulau di permukaan planet ini. Dan, meskipun mungkin sangat sulit untuk melacak semuanya, setidaknya banyak pulau terbesar di dunia.

Pulau telah memesona sebagian besar dari kita selama ribuan tahun, karena biasanya menimbulkan perasaan melarikan diri atau kemewahan. Dengan keindahan alamnya, flora dan fauna asli, dan kedekatannya dengan kota-kota yang ramai.

Berikut adalah 10 pulau terbesar di dunia.

1. Greenland (2.130.800 kilometer persegi)

10 Pulau Terbesar di Dunia, Indonesia Mendominasi

Foto/Travel Earth

Pulau terbesar di dunia, Greenland, terletak di antara Samudra Atlantik dan Arktik. Negara konstituen otonom di alam Denmark ini memiliki iklim arktik hingga sub-arktik, dengan musim panas yang sejuk dan musim dingin yang sangat dingin.

Melansir Travel Earth, pulau ini adalah wilayah berpenduduk paling sedikit di dunia, karena lebih dari 80 persen daratannya tertutup lapisan es dan gletser. Pulau ini terkenal dengan fyord dalam yang megah, gunung es terapung, pengamatan paus, budaya lokal yang berbeda, olahraga musim dingin, dan hiking.

Sementara negara itu adalah bagian dari benua Amerika Utara secara geopolitik, pulau itu merupakan bagian dari Eropa. Ini menarik wisatawan dan ilmuwan dengan keindahan Arktik yang magis dan gamblang.

2. Papua (785.753 kilometer persegi)

10 Pulau Terbesar di Dunia, Indonesia Mendominasi

Foto/Travel Earth

Terletak di Samudra Pasifik Barat, Papua adalah pulau terbesar kedua di dunia, setelah Greenland. Itu dibagi hampir sama antara Papua Nugini di timur dan Indonesia di barat dan dikelola oleh kedua negara.

Pulau Papua memiliki panjang 1.500 mil dan lebar 400 mil, dengan garis pantai di kedua sisinya menawarkan tujuan menyelam yang sangat baik dengan kondisi cuaca yang nyaris sempurna sepanjang tahun. Anda akan terkagum-kagum dengan keanekaragaman hayati yang ditemukan di bawah ombak di sini, susunan karang dan ikan yang berwarna-warni.

Saat menyelam, jangan kaget dengan koleksi luar biasa dari bangkai pesawat Perang Dunia II dan bangkai kapal yang menunggu untuk dijelajahi. Jika Anda ingin mendaki gunung, cobalah mendaki gunung tertinggi di sini, Oseania, anggota dari tujuh puncak Puncak Jaya (Piramida Carstensz), yang terletak tepat di dalam perbatasan Indonesia di pulau ini.

3. Kalimantan (748.168 kilometer persegi)

10 Pulau Terbesar di Dunia, Indonesia Mendominasi

Foto/Travel Earth

Pulau raksasa ini terletak di sebelah barat tengah Samudra Pasifik dan terdiri dari tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Namun, sebagian besar, yakni sekitar 73%, merupakan wilayah Indonesia.

Pulau terbesar ketiga di dunia, Kalimantan di Kepulauan Melayu Asia Tenggara adalah rumah bagi salah satu hutan hujan tertua di dunia. Pulau ini terkenal dengan pantainya, dan satwa liar yang eksotis dan langka di hutan dan perairan sekitarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0853 seconds (0.1#10.140)