Libur Akhir Tahun, Tarif Kamar Hotel Naik Dua Kali Lipat

Kamis, 29 Desember 2016 - 02:40 WIB
Libur Akhir Tahun, Tarif Kamar Hotel Naik Dua Kali Lipat
Libur Akhir Tahun, Tarif Kamar Hotel Naik Dua Kali Lipat
A A A
KARANGANNYAR - Menjelang libur perayaan tahun baru 2017, sejumlah hotel yang ada di kawasan wisata Tawangmangu mulai menaikkan tarif hingga dua kali lipat. Kenaikan tarif sebanyak itu dinilai wajar dan selalu terjadi setiap akhir tahun.

Salah seorang pemilik hotel kelas melati, Suraji mengatakan, pada libur Tahun Baru kali ini yang mematok tarif kamar sebesar Rp400.000. Sedangkan saat hari-hari biasa hanya sebesar Rp200.000 untuk sekali menginap. Naiknya tarif sudah mulai dilakukan sejak beberapa hari lalu dan akan berlangsung hingga perayaan tahun baru selesai.

Meski tarif naik sebesar dua kali lipat namun seluruh kamar yang ada di hotelnya sudah dipesan oleh para tamu sejak jauh-jauh hari. Menurutnya, para tamu tersebut membayar mahal demi menikmati malam pergantian tahun di lereng gunung Lawu.

"Sudah tidak menerima tamu untuk malam tahun baru karena sudah penuh," ucapnya, Rabu (28/12/2016).

Hal yang sama juga dikatakan oleh Tugino, pengelola hotel lain yang ada di Tawangmangu. Menurutnya, sebagian besar kamar hotel miliknya sudah dipesan untuk tahun baru, padahal dirinya menetapkan tarif sebesar Rp1 juta untuk sekali menginap pada kamar yang bagus dan ada sedikit fasilitas extra. Besaran tarif itu lebih dari dua kali lipat dari harga hari-hari biasa.

Menurutnya, para pelanggan tidak mempermasalahkan naiknya tarif kamar hotel tersebut. Rata-rata mereka sudah memaklumi harga yang ditetapkan pengelola. Hal itu terbukti dari banyaknya tamu yang sudah memesan kamar hotel sejak jauh jauh hari. Bahkan ada juga tamu yang memesan kamar sejak awal 2016.

Pria yang juga menjadi ketua PHRI Karanganyar tersebut mengatakan, potensi yang dimiliki Tawangamgu masih menjadi magnet tersendiri untuk mendatangkan pengunjung. Setiap tahun ribuan orang selalu datang untuk merayakan pergantian tahun bersama keluarga atau kerabat mereka.

Rata-rata mereka yang datang adalah orang-orang yang sebelumnya juga pernah datang ke Tawangmangu untuk menikmati hal yang sama. "Biasanya seluruh kamar hotel bakal terisi pada perayaan tahun baru dan tidak jarang banyak yang menolak tamu yang datang," ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karanganyar, Tarsa mengatakan, banyaknya wisatawan yang datang ke Tawangmangu tidak terlepas dari banyaknya potensi yang ada di tempat tersebut. Di lokasi itu terdapat tempat wisata unggulan seperti Grojogan Sewu, Taman Miniatur Dunia, Taman Halowen dan sejumlah obyek wisata lainnya.

Sehingga, masyarakat tidak hanya bisa menikmati malam tahun baru, namun juga berkunjung di tempat-tempat tersebut. "Sejak dahulu daya tariknya sangat luar biasa, saya berharap agar pengunjung yang datang bisa berlaku tertib sehingga menciptakan rasa aman dan nyaman selama memikmati libur tahun baru," tuturnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5081 seconds (0.1#10.140)