Pesan KSAD Jenderal Dudung ke 1.025 Perwira: Jangan Selalu Membiasakan Ingin Dihormati

Kamis, 03 Agustus 2023 - 06:47 WIB
loading...
Pesan KSAD Jenderal Dudung ke 1.025 Perwira: Jangan Selalu Membiasakan Ingin Dihormati
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman melantik 1.025 orang Perwira Remaja (Paja) di Lapangan Wiradhika, Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapaad), Bumi Panorama, Hegarmanah, Bandung, Jawa Barat, Rabu (2/8/2023). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman melantik 1.025 orang Perwira Remaja (Paja) di Lapangan Wiradhika, Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapaad), Bumi Panorama, Hegarmanah, Bandung, Jawa Barat, Rabu (2/8/2023). Rinciannya, 981 Perwira Pria dan 44 Perwira Korps Wanita angkatan Darat (Kowad).

Jenderal Dudung menyampaikan pesan kepada 1.025 orang Perwira Remaja dalam Upacara Prasetya Perwira Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AD Program Diploma-3 (Ahli Madya) TA 2023 itu. “Jadilah perwira-perwira yang berkarakter, memiliki integritas, mampu berpikir kreatif, dan inovatif, berperilaku moral baik terhadap anak buah, berani mengambil keputusan, berjiwa petarung dan pemberani, serta selalu memegang teguh nilai luhur dan norma Kode Etik Perwira Budhi Bakti Wira Utama,” kata Jenderal Dudung.

KSAD menuturkan, para perwira telah digembleng melalui pendidikan dengan disiplin yang berstandar tinggi di lembaga yang terhormat ini, untuk mengubah status dari Bintara menjadi Perwira. “Hal ini tentunya membawa konsekuensi semakin besarnya tuntutan tugas dan tanggung jawab yang diemban dalam pelaksanaan tugas selanjutnya,” kata KSAD dikutip dari laman resmi TNI AD, Kamis (3/8/2023).

Pesan KSAD Jenderal Dudung ke 1.025 Perwira: Jangan Selalu Membiasakan Ingin Dihormati






KSAD juga menyampaikan bahwa para Paja akan dibentuk menjadi pemimpin yang tangguh dan dapat diandalkan TNI AD. Dia berharap, peserta pendidikan nantinya dapat mengimplementasikan semua ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama pendidikan, termasuk memahami tanggung jawab sebagai perwira dalam membimbing dan mengarahkan anak buah beserta keluarganya agar bijak, tepat, dan cerdas menggunakan media sosial.

“Diharapkan keluar dari pendidikan, ada perbaikan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak dari sebelumnya, serta jangan selalu membiasakan ingin dihormati, dilayani dan diistimewakan,” pungkas KSAD.

Adapun lulusan terbaik yang menerima Adhi Wiradhika Pria adalah Letda Inf Gading P. dari Secapa TNI AD. Sedangkan Adhi Wiradhika Wanita diraih oleh Letda Cpm (K) Puput V. dari Kodam V/Brawijaya. KSAD juga memberikan penghargaan kepada pelatih terbaik, dan Paja dengan karya tulis terbaik.

Sebelum pelaksanaan Upacara Prasetya Perwira (Diktukpa) TNI AD Program Diploma-3 (Ahli Madya) TA. 2023 tersebut, KSAD yang didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Rahma Dudung Abdurachman memberikan penghargaan kepada para Pahlawan Nasional, antara lain Karmel Napitupulu, R.E. Martadinata, Dewi Sartika, Otto Iskandar Dinata, dan Cut Nyak Dien.

Penghargaan diterima oleh perwakilan keluarga masing-masing. KSAD juga melakukan video conference dengan keluarga Paja yang tidak bisa hadir dalam pelantikan tersebut, dan meresmikan sarana olahraga jogging track di Sport Center Secapaad.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)