10 Negara Terbaik Bagi Ekspatriat untuk Bekerja

Senin, 02 Januari 2017 - 22:15 WIB
10 Negara Terbaik Bagi Ekspatriat untuk Bekerja
10 Negara Terbaik Bagi Ekspatriat untuk Bekerja
A A A
LONDON - Peringkat negara-negara terbaik untuk ekspatriat telah dirilis oleh HSBC, berdasarkan survei yang dilakukan oleh perbankan bersama dengan perusahaan riset YouGov hampir kepada 27.000 ekspatriat dari 190 negara dan beberapa wilayah. Mereka diajukan pertanyaan seputar negara mana saja yang memberikan kemudahan bagi mereka untuk hidup, bekerja dan menghidupi keluarga.

Berdasarkan beberapa kategori, HSBC telah menyusun ada 10 negara terbaik untuk kalangan ekspatriat. HSBC telah menghitung berdasarkan karir seperti kemajuan berkarir, keseimbangan kehidupan dalan bekerja, keuntungan yang didapatkan dalam bekerja dan faktor lainnya. Besaran gaji yang didapatkan juga menjadi perhitungan, meski bukanlah faktor utama.

Dalam melakukan survei, HSBC memberikan poin untuk setiap pertanyaan seperti seberapa mudah untuk hidup, bekerja dan membesarkan keluarga di negara asing tempat mereka tinggal. Seberapa mudah mereka berintegrasi dengan penduduk setempat dan seberapa mudah mereka membangun kehidupan baru di sana. Akhirnya menghasilkan 10 negara terbaik bagi ekspatriat untuk berkarir di antaranya:

1. Swiss


Negara di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman, Prancis, Italia, Liechtenstein dan Austria ini berada dalam urutan pertama sebagai negara terbaik bagi para kalangan ekspatriat. Dengan rata-rata gaji sebesar USD188,275 membuat negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen jadi tempat ideal untuk berkarir.

bukota negara ini adalah Bern. Kota-kota penting lainnya adalah Zurich, kota terbesar di Swiss (yang dinobatkan sebagai kota yang memiliki kualitas hidup terbaik di dunia pada tahun 2006 dan 2007) dan Jenewa yang menjadi lokasi berbagai badan internasional seperti PBB, WHO, ILO, dan UNHCR. "Untuk tahun kedua beruntun, Swiss berada pada peringkat pertama dan terbaik untuk berkarir di Luar Negeri," ungkap HSBC.

"Negara ini (Swiss) menjadi yang terbaik karena menggabungkan peluang terbaik dengan keseimbangan kehidupan bekerja yang baik dan budaya kerja yang hebat. Pendapatan tahunan rata-rata ekspatriat di Swiss adalah USD188,275, hampir dua kali rata-rata global USD97,419," sambungnya.

2. Jerman


Negara yang terletak di Eropa barat ini menempati urutan kedua sebagai tempat terbaik untuk berkarir dengan rata-rata gaji ekspatriat mencapai USD97,693. Jerman menjadi tujuan terbaik untuk para ekspatriat yang prioritas utamanya adalah mendapatkan keterampilan baru diikuti oleh kenyamanan dalam berkarir dan peluang mencapai posisi dalam perusahaan menurut HSBC. 70% dari ekspatriat menyatakan keamanan kerja di Jerman lebih baik dari negara lainnya.

3. Swedia


Sebuah negara Nordik di Skandinavia, Eropa Utara menjadi tempat ketiga favorit para ekspatriat untuk bekerja dengan gaji rata-rata sekitar USD84,802. 71% ekspatriat pernah tinggal di Swedia mengatakan kenyamanan budaya kerja merupakan yang terbaik. "Menurut survei kami, Eropa adalah rumah bagi beberapa ekspatriat untuk mencapai karir sukses," ucap Kepala HSBC Expat Dean Blackburn.

"Enam negara eropa telah membuat mereka berada di posisi teratas dan diakui budaya kerja yang kuat, keseimbangan kehidupan dan bekerja dan keamanan menjadi keunggulan," sambungnya.

4. Uni Emirat Arab


Aspek paket kepegawaian, termasuk manfaat kesehatan, tunjangan akomodasi, dan biaya perjalanan pulang, negara-negara Timur Tengah seperti Uni Emirat Arab memberikan penawaran terbaik. Tercatat 56% ekspatriat menerima tunjangan akomodasi di UAE, menurut HSBC dan 75% mendapatkan tunjangan kesehatan dengan rata-rata gaji sebesar USD112,820.

5. Norwegia

Negara pendatang baru dalam jajaran terbaik untuk para ekspatriat dalam 10 tahun terakhir adalah Norwegia dengan gaji rata-rata mencapai USD97,486. HSBC mengatakan bahwa dari semua negara yang disurvei sebagai tempat bekerja terbaik bagi ekspatriat, Norwegia memiliki peningkatan terbesar. 87% dari responden memuji negara ini menawarkan keseimbangan karier dan kehidupan pribadi.

6. Singapura


Seperti Hong Kong, Singapura adalah tempat yang bagus dalam hal pengembangan karier, namun bukan yang terbaik untuk mencari keseimbangan antara karier dan kehidupan pribadi. 62% ekspatriat yang pernah berkarier di Singapura mengatakan mereka telah membuat kemajuan dalam karier mereka, tetapi 30% menyatakan penurunan standar hidup.

Meski begitu sebanyak 53% ekspatriat yang bekerja di Singapura mengatakan mereka merasa lebih banyak mendapatkan kepuasan dalam pekerjaan mereka. Rata-rata gaji yang diterima di negara ini adalah USD138,641.

7. Austria


Austria untuk pertama kalinya berada dalam jajaran teratas sebagai negara terbaik dalam berkarier bagi ekspatriat dalam 10 tahun ini. Austria mendapatkan poin cukup tinggi untuk keseimbangan karier dan kehidupan pribadi dengan 71% responden memberikan pujian terkait budaya kerja. Sementara 62% dari ekspatriat melaporkan peningkatan karier mereka dengan gaji rata-rata USD85,288.

8. Hong Kong

Tempat bagus untuk ekspatriat melanjutkan karir mereka, tetapi tidak untuk mencari kualitas hidup yang lebih baik menurut HSBC adalah Hong Kong. 68% dari responden mengatakan ini adalah tempat yang baik untuk melanjutkan karir mereka, tapi 50% di antaranya mengatakan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan karier memburuk sejak pindah ke Hong Kong. Rata-rata gaji yang diterima yakni USD169,756.

9. Inggris Raya

Menjadi pertama kalinya bagi Inggris untuk berada dalam urutan 10 negara terbaik untuk ekspatriat, meskipun dalam catatan survei dilakukan sebelum pemungutan suara Brexit alias keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa (UE). Gaji yang diterima para ekspatriat di Inggris mencapai USD83,227. "Ekspatriat di Inggris memiliki peluang paling besar di dunia untuk mendapatkan keterampilan baru dibandingkan dengan negara asal mereka (64%) dan kemajuan karir mereka (62%),".

10. Bahrain


Sebanyak 65% ekspatriat menerima tunjangan tahunan untuk perjalanan pulang di Bahrain sebagai bagian dari pekerjaan mereka menurut HSBC. Di seluruh Timur Tengah, 91% ekspatriat melaporkan mendapatkan banyak manfaat dari kontrak mereka, dibandingkan dengan rata-rata global 67%. Gaji rata-rata yang diterima di Bahrain yakni USD98,622.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3719 seconds (0.1#10.140)