China Minta Warganya untuk Tidak Saling Mengintip Data Orang Lain

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 16:33 WIB
loading...
China Minta Warganya untuk Tidak Saling Mengintip Data Orang Lain
Badan keamanan China muncul untuk pertama kalinya di media sosial kemarin dengan seruan mengejutkan bagi setiap anggota masyarakat untuk bergabung dalam upaya anti-spionase. FOTO/ CNET
A A A
BEIJING - Badan keamanan China muncul untuk pertama kalinya di media sosial kemarin dengan seruan mengejutkan bagi setiap anggota masyarakat untuk bergabung dalam upaya anti-spionase.



Dalam postingan pertamanya di jaringan populer WeChat, organisasi rahasia tersebut bahkan menegaskan, sebuah sistem yang dapat memudahkan orang untuk terlibat dan berperan dalam upaya tersebut harus dibuat.

"Seluruh komunitas harus memobilisasi melawan spionase! Spionase adalah tindakan ilegal dan kriminal yang sangat terselubung, profesional, dan berbahaya,''

"Itu tidak hanya membutuhkan organisasi keamanan nasional untuk memainkan peran sebagai agen anti-spionase khusus, tetapi juga membutuhkan partisipasi luas dari masyarakat," kata Kementerian Keamanan Nasional dalam posting pertamanya di WeChat.

Menurut postingan tersebut, akun media sosial tersebut bertujuan untuk membantu kementerian mempromosikan kesadaran hukum yang perlu mendapat perhatian dan menyediakan cara yang mudah diakses saat melaporkan aktivitas mencurigakan.

Dia menjelaskan lebih lanjut, undang-undang baru juga diatur untuk mengakui dan menghargai individu dan organisasi yang melaporkan spionase atau memberikan kontribusi penting untuk pekerjaan anti-spionase.

Bloomberg melaporkan bahwa pernyataan tersebut menandai peningkatan upaya anti-spionase oleh Beijing sejak undang-undang baru mulai berlaku bulan lalu.

Undang-undang tersebut juga memperluas daftar kegiatan yang dapat dianggap spionase termasuk ruang bagi pihak berwenang untuk melakukan investigasi dan melarang penyeberangan perbatasan, sehingga meningkatkan risiko bagi perusahaan asing.

Mei lalu, otoritas China menggerebek perusahaan konsultan dan uji tuntas yang membantu investor global memahami ekonomi Asia termasuk Capvision Pro Corp, yang berkantor pusat di Shanghai dan New York, dengan tuduhan membocorkan rahasia negara.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1932 seconds (0.1#10.140)