5 Macam Doa Duduk di Antara Dua Sujud yang Jarang Diketahui

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 20:16 WIB
loading...
5 Macam Doa Duduk di Antara Dua Sujud yang Jarang Diketahui
Doa duduk di antara dua sujud merupakan doa yang dibaca ketika salat setelah bangun dari sujud pertama sebelum sujud kedua. Doa ini adalah permohonan kita sebagai umat muslim untuk meminta pengampunan, rahmat, rezeki, dan petunjuk dari Allah. Foto istime
A A A
Doa duduk di antara dua sujud merupakan salah satu doa yang wajib diketahui umat Islam. Pasalnya, doa yang diucapkan setelah sujud pertama tersebut bagian dari rukun salat.

Doa duduk di antara dua sujud merupakan doa yang dibaca ketika salat setelah bangun dari sujud pertama sebelum sujud kedua. Doa ini adalah permohonan kita sebagai umat muslim untuk meminta pengampunan, rahmat, rezeki, petunjuk dan kesehatan dari Allah SWT.

Terdapat banyak faedah dari membaca doa duduk di antara dua sujud. Doa ini bisa dibaca berulang kali dan mengandung permohonan maaf kepada Allah untuk kebaikan dunia dan akhirat, serta dijauhkan dari kejelekkan dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan kebaikan dari Allah SWT, tidak hanya satu doa yang akan dipanjatkan. Dalam hadits shahih, ada lima doa duduk di antara dua sujud. Berikut doanya.

5 Macam Doa Duduk di Antara Dua Sujud

1.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاجْبُرْنِي ، وَاهْدِنِي ، وَارْزُقْنِي


Allahumma ghfirlii warhamnii wajburnii wahdinii warzuqnii.

“Ya Allah ampunilah aku, sayangilah aku, tutupilah kekuranganku, anugrahkan kepadaku hidayah dan berikanlah rezki kepadaku.” (HR Tirmidzi : 284 dishahihkan oleh Imam Al-Albani dalam Aslu Sifatish Sholatin Nabi : 807-810).

2.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاجْبُرْنِي ، وَاهْدِنِي ، وَارْزُقْنِي ، وَعَافِنِي ، وَارْفَعْنِي


Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aafinii wa’fu 'annii.

“Ya Allah ampunilah aku, sayangilah aku, tutuplah kekuranganku, anugrahkan kepadaku petunjuk, berikanlah padaku rizki, maafkanlah aku dan angkatlah derajatku.” (Lihat keseluruhan riwayat dalam kitab Aslu Sifati Sholatin Nabi : 809-814 karya Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani).

3.

رب اغفرلي رب اغفرلي


Rabighfilii, Rabighfirlii.

Artinya: "Tuhanku ampunilah aku, Tuhanku ampunilah aku."

4.

رب اغفرلي وارحمني


Rabbighfirlii warhamnii.

Artinya: "Tuhanku ampunilah aku dan rahmatilah aku."

5.

اللّهم اغفر لي ذنبي كله دقه وجله وأوله وآخره وعلانيته وسره
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)