Rehabilitasi Irigasi untuk Capai Swasembada Pangan

Sabtu, 07 Januari 2017 - 15:29 WIB
Rehabilitasi Irigasi untuk Capai Swasembada Pangan
Rehabilitasi Irigasi untuk Capai Swasembada Pangan
A A A
JAKARTA - Persoalan irigasi dan lahan merupakan salah satu bonggol dari persoalan kesejahteraan rakyat. Dua persoalan tersebut juga menjadi pokok dari pemenuhan kebutuhan pangan nasional.

Atas dasar itu, pemerintah akan memusatkan perhatian pada rehabilitasi irigasi. Pemerintah tengah me-review keterkaitan antara irigasi primer, sekunder, dan tersier.

"Kita tahu irigasi primer merupakan kewenangan Pemerintah Pusat. Sementara irigasi sekunder (tergantung luasannya) dan tersier diurusi Pemerintah Daerah. Kita coba me-review ketiganya, supaya tahu kendalanya dan tepat menyikapinya," kata Menko bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam rilisnya di Jakarta, Sabtu (7/1/2017).

Menurutnya, Indonesia sebenarnya sudah dekat dengan swasembada pangan. Hanya kondisinya belum stabil. "Kita butuh sedikit di atas swasembada tapi stabil," kata dia.

Mantan Gubernur Bank Indonesia ini menuturkan, pemerintah akan fokus pada pengembangan tanaman padi, jagung, tebu, dan hortikultura.

Pemerintah juga saat ini sedang mengkaji penggunaan lahan di setiap pulau. Dia juga meminta Pemda untuk menahan konversi lahan sawah menjadi bukan sawah.

"Kita harus bisa mempertahankan lahan sawah berkelanjutan. Hanya dengan begitu kita bisa mempertahankannya dan swasembada akan berjalan dengan lebih baik. Mudah-mudahan kita lebih cepat mensejahterakan rakyat kita dan memenuhi kebutuhan pangan kita," harap dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5551 seconds (0.1#10.140)