7 Aktivitas yang Bisa Dilakukan di TIM Cikini dari Baca Buku hingga Santap Kuliner

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 23:02 WIB
loading...
7 Aktivitas yang Bisa Dilakukan di TIM Cikini dari Baca Buku hingga Santap Kuliner
Terdapat 7 aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini, Jakarta Pusat. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat 7 aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini , Jakarta Pusat. Pusat Kesenian Jakarta ini menyimpan banyak hal menarik untuk dijelajahi oleh pengunjung.

Tempat yang baru saja direvitalisasi pada 2022 menempati lahan seluas 9 hektare. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan, mulai dari membaca buku hingga menikmati kuliner.



TIM kini menjadi tempat favorit bagi masyarakat yang hendak menambah wawasan atau menikmati seni budaya yang dihadirkan.

7 Aktivitas yang Dapat Dilakukan di TIM Cikini

1. Membaca Buku

Perpustakaan TIM berada di gedung berlantai empat. Pengunjung dapat membaca dan mempelajari berbagai buku yang tersedia di dalamnya. Untuk menikmati fasilitas ini secara gratis, pengunjung hanya tinggal memperlihatkan KTP atau Kartu Pelajar.

2. Belanja Buku

Tidak hanya menyediakan perpustakaan, TIM juga menjajakan buku dengan koleksi lengkap yang dapat dibeli. Di toko yang bernama Galeri Buku Bengkel Deklamasi ini berada di samping Graha Bhakti Budaya atau lantai dasar Perpusda.

3. Mengunjungi Planetarium

Planetarium dapat menjadi sarana edukasi yang menarik bagi anak-anak. Selain menyuguhkan replika benda langit, pengunjung juga dimanjakan seni pertunjukan ruang angkasa. Tiket masuk ke tempat ini sekitar Rp7 ribu untuk anak-anak dan Rp12 ribu bagi orang dewasa.

4. Menyaksikan Lukisan

Dalam gedung Galeri Cipta II dan Galeri Cipta III menampilkan berbagai lukisan, mulai dari karya tunggal hingga kolektif yang dapat dinikmati pecinta seni. Tempat ini juga kerap digunakan untuk seminar, diskusi, hingga workshop kesenian.

5. Menyaksikan Pertunjukan Teatrikal dan Pagelaran Wayang Orang

Sampai saat ini, TIM masih menjadi pusat pementasan teater Jakarta. Sejumlah gedung yang kerap menyuguhkan pertunjukan ini di antaranya Graha Bhakti Budaya, Gedung Teater Besar, dan Gedung Kesenian Jakarta. Pastikan untuk mengecek jadwal teater terlebih dahulu sebelum mendatangi TIM.

Tidak hanya ada pertunjukan teatrikal, terdapat pula pagelaran wayang orang, kesenian tradisional legendaris Indonesia yang sudah jarang dipertontonkan. Pagelaran ini biasanya bertempat di Gedung Wayang Orang Bharata.

6. Menonton Konser

Pada waktu tertentu, TIM kerap menampilkan berbagai konser musik sejumlah band terkemuka. Umumnya konser ini dipertunjukkan di gedung-gedung yang telah ditentukan dan terselenggara pada akhir pekan.

7. Menikmati Kuliner

Setelah menambah wawasan atau menikmati hiburan di TIM, pengunjung dapat memanjakan perut di kafetaria. Tempat ini menyuguhkan berbagai makanan dan jajanan tradisional yang menggugah selera tentunya dengan harga terjangkau.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)