alexa snippet

Jokowi Gelar Ratas Tentukan Nasib Freeport Cs

Jokowi Gelar Ratas Tentukan Nasib Freeport Cs
Presiden Joko Widodo. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menggelar rapat kabinet terbatas (ratas) guna menentukan nasib perpanjangan izin ekspor‎ mineral mentah perusahaan tambang seperti PT Freeport Indonesia dan kawan-kawan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 tahun 2014, izin ekspor mineral mentah akan berakhir pada 11 Januari 2017.

Jika pemerintah tidak merevisi beleid tersebut, maka Freeport dan kawan-kawan tidak diperkenankan untuk melakukan kegiatan ekspor ‎mineral mentah lagi.

Dalam pembukaan ratas, Jokowi mengingatkan bahwa sumber daya mineral dan batubara merupakan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Meskipun saat ini jumlah cadangan batubara Indonesia masih banyak, namun suatu saat akan habis.

"‎Sya ingin ingatkan bahwa sumber daya mineral dan batubara merupakan SDA kita yang tidak bisa diperbaharui. Dan saat ini Indonesia masih menduduki peringkat ke-10 untuk cadangan batubara dunia.Tapi kita juga harus ingat bahwa ini akan habis," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/1/2017).

Diprediksi, cadangan batubara tersebut akan habis 83 tahun mendatang. Untuk itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menekankan bahwa pemanfaatannya harus dihitung dan dikalkulasi dengan cermat. Prinsip yang harus dipegang dalam pengelolaan sumber daya alam adalah harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

"‎Dan pengelolaannya harus memperhatikan kemanfaatan, keberlanjutan dan juga aspek lingkungan hidup. Dan yang lebih penting keberpihakan terhadap kepentingan nasional kita. Saya kira itu sebagai pengantar yang bisa saya sampaikan," tandasnya.



(ven)
views: 5.938
loading gif
Top