alexa snippet

Bank Dunia Ramal Ekonomi Dunia Tumbuh 2,7% di 2017

Bank Dunia Ramal Ekonomi Dunia Tumbuh 2,7% di 2017
Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi global sepanjang 2017 akan naik dibandingkan tahun lalu ketika ada sinyal perbaikan secara moderat. Foto/Ilustrasi
A+ A-
WASHINGTON - Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi global sepanjang 2017 akan naik dibandingkan tahun lalu ketika ada sinyal perbaikan secara moderat. Berdasarkan laporan ekonomi terbaru Bank Dunia, ekonomi global diprediksi tumbuh 2,7% atau baik dari tahun lalu 2,3%.

Seperti dilansir BBC, Rabu (11/1/2017) bank dunia mengatakan, ada sedikit penguatan ini didorong terutama oleh peningkatan pasar di negara berkembang dan negara emerging markets. Meski begitu akan ada potensi peningkatan seiring ketidakpastian setelah pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) yang dimenangkan oleh Donald Trump. 
Bank Dunia memperkirakan bakal ada kebangkitan ekonomi global setelah terdampak krisis keuangan yang masih menghantam beberapa negara dalam beberapa tahun terakhir. Angka pertumbuhan tahun lalu digambarkan sebagai pemulihan pasca krisis yang tidak terlalu besar dengan tingkat investasi dan lanjutan pelemahan perdagangan secara global.

Di sisi lain pertumbuhan ekonomi pada 2018 diramalkan berada pada level 2,9%. Pemberi pinjaman berbasis di Washington itu mengaitkan sedikit percepatan dalam pertumbuhan dengan perbaikan di negara-negara ekonomi tumbuh dan negara-negara berkembang, karena mereka diharapkan melihat berkurangnya headwinds (situasi yang membuat pertumbuhan lebih sulit), terutama menguatnya harga-harga komoditas.

Untuk negara emerging market dan negara berkembang, masih akan dibayangi kenaikan suku bunga AS dan penguatan mata uang dolar Amerika Serikat (USD) untuk membuat kondisi pengetatan pembiayaan yang berarti kredit yang lebih mahal atau lebih sulit untuk mendapatkannya. Namun bank dunia masih berharap pertumbuhan negera berkembang akan mengalami percepatan ketika harga komditas lebih tinggi seperti minyak dan logam yang mayoritas di ekspor.

Negara-negara ekonomi berkembang diprediksi tumbuh 4,2% pada 2017 dan 4,6% pada 2018, meningkat dari 3,4% pada 2016. Ekonomi negara-negara tersebut diperkirakan memberikan kontribusi 1,6% terhadap pertumbuhan global pada 2017, atau sekitar 60% dari pertumbuhan global untuk pertama kalinya sejak 2013.

Bank Dunia mempertahankan proyeksinya untuk pertumbuhan ekonomi China tidak berubah, dengan pertumbuhan 2017 sebesar 6,5 persen dan untuk 2018 sebesar 6,3 persen. Ekonom bank dunia juga memprediksi terjadi perlambatan pada dua negera besar yakni Brasil dan Rusia. Sedangkan China diperkirakan tidak berubah, dengan pertumbuhan 2017 sebesar 6,5% dan untuk 2018 sebesar 6,3%.



(akr)
views: 3.458
loading gif
Top