alexa snippet

Dongkrak Investor Domestik lewat Game Nabung Saham Go

Dongkrak Investor Domestik lewat Game Nabung Saham Go
Jumlah investor domestik di pasar modal Indonesia dalam 10 tahun terakhir yang cenderung stagnan dan jauh tertinggal, jadi alasan kehadiran game Nabung Saham GO. Foto/Doc
A+ A-
JAKARTA - Mengamati perkembangan jumlah investor domestik di pasar modal Indonesia dalam 10 tahun terakhir yang cenderung stagnan dan jauh tertinggal dari negara lain. Minimnya pengetahuan masyarakat Indonesia terhadap investasi pasar saham menjadi penyebabnya, karena alasan ini game Nabung Saham GO hadir dalam upaya mendongkrak jumlah investor domestik.

(Baca Juga: Mengenal Investasi Pasar Modal lewat Game Nabung Saham GO)

Lewat sebuah permainan online diharapkan masyarakat awam mulai tertarik dan mengetahui apa itu pasar saham terutama di kalangan muda. Nabung Saham GO merupakan game yang mengajarkan dan mengedukasi soal trading atau jual beli saham dengan cara yang menyenangkan.

"Dengan Nabung Saham GO, kami ingin mendorong minat masyarakat berinvestasi di pasar modal sekaligus mempopulerkan kepada masyarakat beberapa saham berkapitalisasi besar di BEI. Game ini menstimulasi seperti kondisi sebenarnya, meski ada kemudahan untuk membuatnya menyenangkan," ujar President Direktur WinGamers Ivo Rustandi di Jakarta.

Tercatat per Desember 2016 jumlah investor pasar saham Indonesia hanya 891 ribu investor atau 0,34%. Kondisi ini lebih rendah jika dibandingkan Singapura yang mencapai 1 juta investor atau 20% per Maret 2016, sedangkan Malaysia terdata 5,6 juta investor di pasar modal per Maret 2016.

Karena hal itu diharapkan lewat game Nabung Saham Go mampu menggerakkan hati kalangan muda untuk mulai berinvestasi di pasar saham. Sementara Ivo Rustandi sebagai penggembang game tersebut menambahkan emiten yang tercantum dalam game Nabung Saham Go seperti aslinya dengan harga saham yang tidak jauh berbeda.

Dengan ini diharapkan masyarakat awam lebih aware terhadap harga saham perusahaan dalam negeri maupun multinasional hingga pergerakan rupiah. "Meski begitu kami tidak real time seperti aslinya, tapi minimal masyrakat tahu berapa harga saham perusahaan tertntu dan nilai rupiah," paparnya.

Bursa Efek Indonesia (BEI) sendiri ke depannya menargetkan investor saham dapat tumbuh 50% di tahun 2017. Dalam target ini BEI juga mendorong porsi investor lokal yang saat ini masih kalah jauh dibandingkan investor Asing. Oleh karenanya lewat game ini diharapkan masyarakat luas jadi lebih mengenal pasar modal.

Sementara praktisi hukum pasar modal muda Rizki Rildo mengatakan bahwa Nabung Saham Go adalah terobosan di pasar modal Indonesia dari dan untuk generasi muda Indonesia. "Games ini mudah dimainkan dan sangat efektif untuk mengedukasi masyarakat khususnya generasi muda Indonesia. Games Stocklab dan Nabung Saham Go lebih beginners-friendly apabila dibandingkan dengan game pasar modal luar negeri," ungkap Rizki.



(akr)
views: 3.627
loading gif
Top