Harga Minyak Dunia Ideal di Angka USD60/Barel

Minggu, 15 Januari 2017 - 20:56 WIB
Harga Minyak Dunia Ideal di Angka USD60/Barel
Harga Minyak Dunia Ideal di Angka USD60/Barel
A A A
JAKARTA - Mantan Gubernur Organisasi Negara Pengekspor Minyak (Organization of Petroleum Exporting Contries/OPEC) untuk Indonesia, Widhyawan Prawiraatmaja mengemukakan, harga minyak dunia yang ideal untuk menjalankan industri hulu dan hilir di Indonesia berada di kisaran USD50 hingga USD60 per barel.

Dia mengungkapkan, jika harga minyak melebihi ambang batas tersebut maka yang sangat diberatkan adalah harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia. Apalagi, saat ini Indonesia merupakan negara nett importer.

"‎Saya rasa USD50 hingga USD60 sudah cukup. Karena kalau tinggi dari itu yang berat BBM dan kita net impor terbesar. Kalau bisa harga 50-60 itu ideal buat kita, menentukan harga sih," ujarnya di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (15/1/2017).

Menurut Widhyawan, angka tersebut ideal karena berdasarkan perhitungan jika biaya untuk kegiatan produksi minyak dapat ditekan, maka biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi minyak per barel hanya sekitar USD25. Angka tersebut masih lebih rendah dibandingkan level harga minyak dunia.

Sementara, untuk di industri hilir angka tersebut dikatakan ideal karena menurutnya, harga tersebut masih dalam batas kemampuan daya beli masyarakat dalam mengkonsumsi BBM. Jika harga minyak dunia melebihi USD60 per barel juga akan memberikan dampak negatif yakni kenaikan inflasi.

"Karena kalau tinggi yang berat BBM dan kita nett impor terbesar, kalau harga terlalu tinggi bebannya akan berat. Apalagi karena yang lebih berat pasti inflasinery akan naik bukan hanya menaikkan itu saja, kalau itu naik akan berakibat inflasi," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9035 seconds (0.1#10.140)