Waspada! Subvarian Omicron COVID-19 Baru Eris Menyebar Cepat di AS

Rabu, 09 Agustus 2023 - 07:05 WIB
loading...
Waspada! Subvarian Omicron COVID-19 Baru Eris Menyebar Cepat di AS
Orang-orang berjalan di Times Square di Manhattan, New York, AS. Foto/REUTERS/Eduardo Munoz
A A A
WASHINGTON - Menurut otoritas kesehatan di Amerika Serikat (AS) dan Inggris, subvarian baru COVID-19 Omicron yang dikenal sebagai EG.5 atau "Eris", telah menjadi jenis yang dominan di kedua negara.

Data terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pada 5 Agustus menunjukkan EG.5 bertanggung jawab atas antara 14-21% kasus COVID-19 baru di AS.

Meskipun bukan mayoritas, itu yang terbesar di antara banyak subvarian Omicron lainnya, termasuk subvarian XBB.1.5 yang mendominasi wabah AS pada musim semi 2023.

Subvarian tersebut telah ditetapkan sebagai varian yang sedang dipantau Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tetapi belum ditandai sebagai varian yang diminati atau menjadi perhatian.

WHO juga belum memberikan EG.5 nama resmi, tetapi pengguna online mengikuti nomenklatur informal telah menjulukinya "Eris," dinamai dewi perselisihan Yunani.

Varian Omicron dan banyak keturunannya telah mendominasi wabah COVID-19 secara global selama hampir dua tahun berkat kemampuannya menghindari pertahanan sistem kekebalan dan menginfeksi kembali orang yang pernah menderita infeksi sebelumnya atau telah divaksinasi.



Seorang ahli virologi dan peneliti, Stuart Turville dari Universitas New South Wales di Australia, mengatakan kepada media bahwa EG.5 "sedikit lebih licin" dan "kompetitif" daripada subvarian Omicron lainnya dan mampu "menavigasi keberadaan antibodi dengan lebih baik" yang diproduksi oleh vaksin atau infeksi sebelumnya.

Andrea Garcia, wakil presiden American Medical Association untuk sains, kedokteran, dan kesehatan masyarakat, mengatakan kepada media AS bulan lalu bahwa EG.5 tampaknya tidak menyebabkan infeksi yang lebih buruk daripada subvarian Omicron sebelumnya dan mungkin lebih rentan terhadap vaksin COVID-19 yang lebih baru, termasuk yang diharapkan akan diluncurkan perusahaan farmasi dalam beberapa bulan mendatang.

Pfizer, Moderna, dan Novavax semuanya sedang mempersiapkan penguat vaksin yang secara khusus menargetkan subvarian Omicron seri XBB, sesuai dengan arahan Juni oleh Food and Drug Administration (FDA) AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)