Cernan, Orang Terakhir yang Berjalan di Bulan Meninggal Dunia

Selasa, 17 Januari 2017 - 06:43 WIB
Cernan, Orang Terakhir yang Berjalan di Bulan Meninggal Dunia
Cernan, Orang Terakhir yang Berjalan di Bulan Meninggal Dunia
A A A
WASHINGTON - Gene Cernan, seorang astronot NASA yang merupakan orang terakhir yang menginjakkan kakinya di Bulan, meninggal pada hari Senin. NASA atau Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) mengumumkan Cernan meninggal di usia 82 tahun.

“Kami sedih atas hilangnya pensiun astronot NASA Gene Cernan, orang terakhir yang berjalan di Bulan,” bunyi pengumuman NASA melalui akun Twitter-nya, @NASA, yang dikutip Selasa (17/1/2017).

Cernan adalah komandan Apollo 17 yang menjalankan misi perjalanan ke Bulan pada Desember 1972. Ketika Cernan melangkah keluar dari modul "Challenger", dia ia menjadi orang ke-11 yang berjalan di Bulan.

Kata-kata Cernan dianggap setenar kalimat yang pernah diucapkan astronot Neil Armstrong dari Bulan. Namun, pesan-pesan Cernan dianggap lebih puitis.

"Tantangan Amerika saat ini telah menempa takdir manusia esok,” kata Cernan. "Dan, seperti kami yang meninggalkan Bulan, kami meninggalkan karena kami datang dan, semoga kita akan kembali, dengan perdamaian dan harapan bagi seluruh umat manusia. Semoga berhasil awak Apollo 17.”

Pada film dokumenter tahun 2007 berjudul “The Shadow of The Moon” Cernan berbicara tentang pencerahan yang dia alami saat berdiri di permukaan Bulan.

”Ada terlalu banyak tujuan, terlalu banyak logika, itu terlalu indah untuk terjadi secara kebetulan,” kata Cernan.

”Harus ada seseorang yang lebih besar dari Anda dan lebih besar dari saya. Dan maksud saya ini dalam arti spiritual, bukan dalam arti agama, harus ada pencipta alam semesta yang berdiri di atas agama untuk mengatur kehidupan kita,” ujarnya, seperti dikutip Fox News.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3588 seconds (0.1#10.140)