Pengamat Sebut 4 Kriteria Calon Pemimpin yang Diinginkan Jokowi Ada di Ganjar

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 12:58 WIB
loading...
Pengamat Sebut 4 Kriteria Calon Pemimpin yang Diinginkan Jokowi Ada di Ganjar
Adanya empat kriteria calon pemimpin ke depan yang diinginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai ada pada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Adanya empat kriteria calon pemimpin ke depan yang diinginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai ada pada Ganjar Pranowo . Pandangan ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komaruddin.

Menurutnya, empat kriteria itu merupakan respresentasi untuk figur yang ingin melanjutkan kepemimpinan Jokowi.

"Versi ini ya punya nyali, berani, konsisten, dan bisa berlari ini tentu selama dari pengalaman Jokowi. Bahwa keempat kriteria itu sebenarnya yang saya lihat adalah bisa menlanjutkan kepemimpinan Jokowi," tutur Ujang saat dihubungi Jumat (11/8/2023).



Kendati demikian, Ujang merasa kriteria itu mencerminkan ada di lingkungan Jokowi. Salah satunya, Ganjar Pranowo.

"Ke Anies enggak mungkin, karena dia bagian dari oposisi. Jadi saya melihat kalau bicara empat kriteria versi Jokowi, saya sih melihatnya ke dua capres yang ada di lingkaran Jokowi, Prabowo dan Ganjar," tandasnya.

Sebelummya, Presiden Jokowi memberikan empat syarat yang harus dimiliki oleh pemimpin negara selanjutnya.

Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan para pemimpin redaksi (pemred) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023).

"Pertama, harus punya nyali. Kedua, harus berani. Ketiga, mesti konsisten, jadi bertahan dengan kebijakannya, jangan sampai goyang, jangan sampai gampang dirayu," ujar Direktur Pemberitaan MNC Group Prabu Revolusi yang hadir dalam pertemuan tersebut.

"Keempat, harus bisa berlari. Harus bisa berlari katanya, katanya membutuhkan endurance yang tinggi, nafasnya mesti panjang," lanjut Prabu.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0908 seconds (0.1#10.140)