Janji Pangkas Pajak Jadi Gebrakan Awal Donald Trump

Selasa, 24 Januari 2017 - 11:37 WIB
Janji Pangkas Pajak Jadi Gebrakan Awal Donald Trump
Janji Pangkas Pajak Jadi Gebrakan Awal Donald Trump
A A A
WASHINGTON - Baru saja dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat, Donald Trump langsung membuat gebrakan. Diundangnya pada Chief Executive Officer (CEO) dan dijanjikannya pemangkasan pajak secara besar-besaran sebagai langkah Trump.

Penegasan soal pemangkasan pajak ini disampaikan Trump usai bertemu dengan sejumlah pimpinan puncak perusahaan. Trump menjanjikan bakal memangkas pajak besar-besaran dan mengurangi regulasi hingga 75%.

Kepada 12 CEO yang berkumpul di Gedung Putih, dia juga mengatakan bakal memberlakukan pajak perbatasan untuk barang-barang yang diimpor oleh perusahaan yang memindahkan pekerjaan ke luar AS. "Apa yang sedang kami lakukan ialah memangkas pajak-pajak secara masif untuk kelas menengah dan perusahaan. Itu hal yang paling besar dan mengejutkan saya. Faktanya kami sedang memangkas regulasi secara masif pula," ungkap Trump seperti dikutip kantor berita AFP.

Para bos perusahaan yang bertemu Trump antara lain CEO Ford Mark Fields, CEO Lockheed Martin Marillyn Hewson, CEO Johnson&Johnson Alex Gorsky, CEO Dell Michael Dell, CEO SpaceX Elon Musk, Chairman & CEO Whirlpool Corp Jeff Fettig, dan CEO Under Armour Kevin Plank. Sebelumnya Trump menggelar makan siang bersama para pemimpin bisnis yang dia sebut sebagai panel penasehat untuk manufaktur, dipimpin CEO Dow Chemical Co Andrew Liveris.

Pejabat pemerintah AS menjelaskan, Trump akan menandatangani perintah eksekutif mengenai perdagangan dan isu perburuhan. Bursa saham AS kemarin sempat melemah setelah Trump menjelaskan rencananya kepada para CEO.

Para investor tampaknya meminta kejelasan tentang bagaimana rencana Trump akan dilaksanakan mengenai agenda pajak, reformasi regulasi, dan belanja infrastruktur yang lebih besar untuk mendorong perekonomian. (Muh Shamil/ Syarifuddin/ Rahmat Fiansyah/Ant)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5985 seconds (0.1#10.140)