Sektor Riil

Pembebasan lahan Tol Depok-Antasari dikebut

Heru Febrianto

Minggu,  23 September 2012  −  18:40 WIB
Pembebasan lahan Tol Depok-Antasari dikebut
Ilustrasi tol.

Sindonews.com - PT Citra Wasspphutowa (CW) sebagai pemegang konsesi pembangunan ruas Tol Depok-Antasari menyatakan pada seksi prioritas pembebasan lahannya ditargetkan rampung akhir tahun 2012 ini.

Direktur Utama Citra Wasspphutowa Tri Agus mengatakan yang menjadi prioritas perusahaannya pada saat ini yaitu pada seksi I dan II untuk tahap I yaitu dari Antasari-Sawangan sepanjang 12 kilometer.

"Jika akhir tahun ini lahannya sudah bebas semua, maka untuk tahap I kami akan mulai pengerjaan konstruksinya di awal 2013," kata Tri kepada sejumlah media di Jakarta, Jumat (21/9/2012).

Saat ini, kata dia, kegiatan inventarisasi dan musyawarah dengan beberapa kelurahan sedang berlangsung untuk mendukung kelangsungan pembayaran ganti rugi yang telah dimulai. Ditargetkan penyelesaian pembayaran ganti rugi untuk seluruh kebutuhan pembebasan lahan tahap I bisa terealisasi pada triwulan I/2013.

"Kemarin kami telah melakukan pembayaran kepada masyarakat pemilik tanah yang terkena pembangunan jalan tol Depok-Antasari senilai Rp42 miliar. Minggu depan ditargetkan bisa dibayarkan Rp27 miliar lagi," bebernya.

Dengan direalisasikannya pembayaran ini, diharapkan proses pengadaan tanah dan pembayaran yang dibutuhkan dapat mengejar ketertinggalan dari rencana yang sudah tersusun. Mengingat, di tahun 2012 ini pemerintah melalui Badan Layanan Umum-BPJT telah mengalokasikan dana sejumlah Rp378 miliar untuk mendanai pengadaan tanah yang diperlukan bagi ruas Tol Depok0Antasari tahap I (Antasari-Sawangan).

Jalan Tol Depok-Antasari tahap I melalui Wilayah kota administrasi Jakarta Selatan di 5 Kelurahan (meliputi: Cilandak Barat, Cilandak Timur, Pondok Labu, Ciganjur dan Cipedak) dan kota Depok di 5 Kelurahan (meliputi: Pangkalan Jati Baru, Gandul, Krukut, Grogol dan Rangkapan Jaya Lama). Luasan lahan yang perlu dibebaskan dan telah diidentifikasi sekitar 108 hektar area.

Jalan Tol Depok-Antasari sepanjang 21,54 kilometer dipegang konsesinya oleh PT Citra Wasspphutowa selama kurun waktu 40 tahun. Dengan tarif rata rata untuk golongan I sebesar Rp1.168/km. PT CW sendiri pemegang sahamnya adalah PT CMNP Tbk sebesar 62,5%, PT Waskita Karya 12,5%, PT Hutama Karya 12,5%, PT Pembangunan Perumahan 12,5%.

 

(hyk)

shadow