Metronews

Solusi Jokowi atasi pemukiman kumuh

Ronald Steven

Kamis,  18 Oktober 2012  −  13:09 WIB
Solusi Jokowi atasi pemukiman kumuh
Jokowi-Ahok (Sindo Photo)

Sindonews.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan memaksimalkan penggunaan rumah susun sewa (rusunawa) yang ada di daerah Jakarta. Ini sebagai jalan keluar mengatasi pemukiman kumuh dan kampung miskin.

Menurutnya, penggunaan rusunawa saat ini belum optimal. Bahkan banyak rusunawa yang mengalami kerusakan. Ia mengatakan hal tersebut saat mengunjungi rusunawa Marunda yang ada di pesisir laut tersebut.

"Saya selalu datang ke tempat yang ada masalah. Di sini juga ada 26 blok yang 19 nya belum terisi padahal sudah dari 2007. Kita lihat jendela dan pintu sudah banyak yang copot, tapi belum dipakai," kata Jokowi, di Marunda, Jakarta Utara, Kamis (18/10/2012).

Jokowi mempunyai rencana, agar membebaskan warga membayar sewa tersebut terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar warga bisa menikmati fasilitas perumahan tersebut terlebih dahulu.

“Saya hanya menyelesaikan dari masalah yang ada sekarang. Kalau perlu diberikan subsidi penuh. Gratisin dulu tiga sampai lima tahun, yang penting penuh dulu. Sayang-kan uang negara,“ katanya.

Mantan Wali Kota Solo ini akan menginstruksikan kepala dinas terkait untuk melakukan pembenahan secara menyeluruh terhadap bangunan rusun tersebut. Ia berharap agar permasalahan yang timbul seperti kebocoran, susahnya akses kendaraan dan permasalahan lainnya bisa diatasi.

"Saya sudah perintahkan semuanya diperbaiki, juga masyarakat yang berpenghasilan rendah segera masuk ke sini. Tapi fasilitas juga harus disiapkan, angkutan, Puskesmas, nanti cari CSR (Corporate Social Responsibility) dari bank, biar dikelola sama masyarakat di sini," urainya.

 

(maf)

shadow