Sektor Riil

Dahlan siap bangun pelabuhan peti kemas terbesar ke-5 di dunia

Dana Aditiasari

Senin,  25 Maret 2013  −  13:09 WIB
Dahlan siap bangun pelabuhan peti kemas terbesar ke-5 di dunia
Ilustrasi

Sindonews.com - Untuk meningkatkan distribusi logistik di Tanah Air, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan berencana membangunan pelabuhan peti kemas yang akan dinaungi oleh PT Peti Kemas Indonesia. Bahkan, pelabuhan ini diklaim akan menjadi pelabuhan peti kemas terbesar ke lima di dunia.

"Saya kira perlahan tapi pasti, nanti ada PT Peti Kemas Indonesia, dimana akan menjadi terminal peti kemas terbesar ke lima di dunia," kata Dahlan di Jakarta, Senin (25/3/2013).

PT Peti Kemas Indonesia ini merupakan induk usaha perusahaan terminal kontainer di Indonesia. Dahlan menjelaskan, mayoritas saham PT Peti Kemas Indonesia akan dimiliki PT Palindo I-IV.

Namun dia mengaku, rencana tersebut tidak mudah untuk diwujudkan lantaran terdapat sejumalh kendala, seperti masalah aturan maupun perundang-undangan.

"Memang agak sulit pembentukannya karena ada yang harus diselesaikan. Nanti jika terbentuk, direktur utamanya menjadi komisaris, direksinya menjadi dirut dan diambil dari direksi yang paling baik," terangnya.

Selanjutnya, PT Kemas Indonesia akan bekerja sama dengan seluruh pelabuhan peti kemas di seluruh Idonesia, diantaranya, Jakarta, Surabaya dan Batam.

 

(rna)

shadow