Sektor Riil

Harga daging sapi di Solo tembus Rp100 ribu/kg

Septyantoro Aji Nugroho

Selasa,  7 Mei 2013  −  10:07 WIB
Harga daging sapi di Solo tembus Rp100 ribu/kg
ilustrasi/ist

Sindonews.com - Akibat pemerintah membatasi sapi impor, harga daging sapi di pasar Legi, Solo, Jawa Tengah (Jateng) melambung tinggi. Yakni mencapai Rp100 ribu per kilogram (kg).

Kenaikan ini dikeluhkan para pedagang karena tidak ada pembeli. Kenaikan ini sudah terjadi sejak sebulan terakhir ini. Sebelumnya, harga sapi di daerah tersebut Rp85 ribu per kg.

Para pedagang menduga, kenaikan ini dipicu atas pembatasan sapi impor yang dilakukan pemerintah. Ternyata, tidak hanya daging saja yang naik, melainkan juga jeroan juga ikut naik dari yang sebelumnya Rp40 ribu  hingga Rp50 ribu per kg, kini mencapai Rp50 ribu sampai RP60 ribu per kg, tergantung dari jenisnya.

Akibatnya, pelanggan yang biasanya membeli daging hingga 10 kg, kini membatasi pembeliannya hanya 8 kg. "Kalau hari biasa, bisa memotong sapi dua hingga tiga ekor, tapi kini maksimal hanya dua ekor. Itu pun jika ada pesanan pelanggan," kata Pujiani, penjual daging sapi di daerah tersebut, Selasa (7/5/2013).

Karena itu, pihaknya berharap kondisi seperti ini segera ditangani pemerintah. Mereka meminta pemerintah turun tangan untuk menormalkan harga, agar para pedagang sapi tidak terus merugi.

 

(izz)

shadow