Sektor Riil

Taspen siapkan smart card bagi pensiunan

Heru Febrianto

Selasa,  7 Mei 2013  −  11:03 WIB
Taspen siapkan <i>smart card</i> bagi pensiunan
Ilustrasi

Sindonews.com - PT Taspen (Persero) pada tahun ini akan melaksanakan proyek percontohan (pilot project) penerapan kartu pintar (smart card) bagi pensiunan.

Direktur Utama Taspen, Iqbal Latanro mengatakan bahwa kartu pintar tersebut memiliki data ataupun informasi nasabah perseroan. Di sisi lain, dapat mengatur hak dan kewajiban nasabah.

"Program utama untuk meningkatkan pelayanan kepada pensiunan, sehingga mereka (pensiunan) merasa dihargai setelah pensiun," kata Iqbal dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (7/5/2013).

Kartu pintar ini, kata dia, akan bermanfaat bagi pelayanan nasabah PT Taspen, khususnya dana pensiun. Tentunya pelayanan one stop service, memudahkan pensiunan untuk menerima dana pensiun ataupun uang duka bagi keluarga yang ditinggalkan.

Iqbal juga mengungkapkan, PT Taspen akan menerapkan sistem office channeling bagi pensiunan. Aplikasi itu akan memudahkan nasabah untuk menerima dana pensiun.

"Jadi office channeling mengklarifikasi data nasabah, sehingga mitra PT Taspen menjadi tempat untuk mengklarifikasi informasi," jelasnya.

Adapun, PT Taspen menjalin kemitraan dengan 48 bank. Dengan jumlah peserta 6,8 juta peserta, jumlah peserta penerima pensiun 2,3 juta, dan total peserta aktif 4,6 juta orang pegawai negeri sipil (PNS).

Selain office channeling dan kartu pintar, tambah Iqbal, PT Taspen juga akan menghadirkan layanan mobil untuk pembayaran dana pensiun. Program itu akan memudahkan nasabah untuk menerima layanan pensiunan.

 

(rna)

shadow