Ekonomi Dunia

AS-China diminta tingkatkan dialog ekonomi

Dani Mohammad Dahwilani

Sabtu,  11 Mei 2013  −  12:29 WIB
AS-China diminta tingkatkan dialog ekonomi
Ilustrasi/Foto: Istimewa

Sindonews.com - Dialog sangat penting untuk menjaga hubungan antara ekonomi terbesar di dunia, Amerika Serikat (AS) dan China. Selama ini banyak kesalahpahaman yang menyebabkan hubungan mereka selalu diwarnai ketegangan dan kecurigaan.

"Keberuntungan kami dan nasib terikat bersama-sama seperti sebelumnya, dua ekonomi terbesar di dunia  (Amerika Serikat dan China) harus terlibat satu sama lain untuk memajukan tujuan bersama memperluas kesempatan dan kemakmuran," ujar Wakil Menteri Perdagangan Internasional, Departemen Perdagangan AS, Francisco J Sanchez saat menghadiri sebuah forum yang diselenggarakan Kamar Dagang Amerika di Hong Kong, seperti dilansir dari China Daily, Sabtu (11/5/2013).

Dia mengatakan langkah-langkah yang perlu dilakukan kedua negara untuk mencapai tujuan ini menghilangkan hambatan, meningkatkan investasi satu sama lain, serta mencapai integrasi ekonomi yang lebih besar antara Hong Kong dan China daratan.

Secara umum, kedua negara perlu meningkatkan pemahaman tentang satu sama lain. "Ketika orang-orang di berbagai negara tidak mengenal satu sama lain, dan tidak meluangkan waktu untuk benar-benar memahami satu sama lain, kesalahpahaman dan salah informasi terjadi. Dan, saya pikir itu benar dengan hubungan antara AS dan China," ungkapnya.

China dan Amerika Serikat telah mengadakan empat putaran "Dialog Strategis dan Ekonomi" dalam beberapa tahun terakhir, dan putaran kelima akan diselenggarakan di Washington DC selama sepekan, pada 8-12 Juli 2013.

Sanchez menuturkan pemerintah AS mendorong investasi China, dan kekhawatiran bahwa perusahaan-perusahaan China keluar dari AS tidak berdasar. Bagi AS, China adalah mitra. Sehingga, kedua negara harus memastikan saluran investasi selebar mungkin.

"China merupakan sumber investasi langsung paling cepat berkembang di AS. Sejak 2006, FDI dari China ke AS telah tumbuh pada tingkat rata-rata 71 persen setiap tahun. Dan, saya percaya ada lebih banyak ruang untuk pertumbuhan," tandasnya.

 

(dmd)

shadow