Ekonomi Dunia

Nissan prediksi laba bersih naik 22,6%

Izzudin

Senin,  13 Mei 2013  −  19:52 WIB
Nissan prediksi laba bersih naik 22,6%
ilustrasi/ist

Sindonews.com - Nissan memprediksi laba bersih meningkat 22,6 persen selama tahun ini. Karena adanya keuntungan yang datang dari pasar luar negeri dengan harga yang menguntungkan akibat melemahnya yen.

Seperti dikutip dari Inautonews, Senin (13/5/2013), CEO Renault dan Nissan, Carlos Ghosn melihat penjualan ritel global tahunan Nissan mencapai rekor volume. Namun, dia juga mengharapkan pasar Eropa yang masih sulit tahun ini kembali pulih.

"Saya pikir 2013 akan menjadi sulit dan saya tidak melihat adanya pertumbuhan di Eropa sebelum akhir (Nissan) rencana jangka menengah, yang berarti sebelum 2016," kata Ghosn.

"Kami pikir konsumen Eropa memiliki confidence. Konsumen Eropa masih bingung, dia tidak tahu kapan Eropa akan keluar dari krisis ini dan sampai melihat atau memahami apa yang akan terjadi," imbuhnya.

Nissan memperkirakan penjualan ritel global mencapai 5,3 juta kendaraan selama tahun yang berakhir Maret 2014, atau meningkat dari 4,9 juta pada 2012, ketika itu naik 1,4 persen.

Selama periode yang sama, Toyota meningkat 16,3 persen dan Honda naik 32,2 persen. Para penurunan penjualan di China tahun lalu, Nissan yang paling terkena dibandingkan dengan mobil Jepang lainnya. Analis pun meragukan bahwa Nissan akan dapat mencapai target pangsa pasar global 8 persen pada Maret 2017.

 

(izz)

shadow