Politik

Deklarasi, ASA berkomitmen memberikan kontribusi untuk bangsa

Sholahuddin Al Ayyubi

Selasa,  21 Mei 2013  −  08:13 WIB
Deklarasi, ASA berkomitmen memberikan kontribusi untuk bangsa
Djoko Santoso. (istimewa)

Sindonews.com - Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Adil, Sejahtera, Aman (ASA) mendeklarasikan di Balai Kartini Jakarta Senin (20/5/2013) malam. LSM tersebut dipimpin oleh mantan Panglima TNI periode 2007-2010, Jenderal Purn TNI Djoko Santoso.

Deklarsi itu juga bertepatan langsung dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Karena, kata Djoko, pada Harkitnas itu merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pasalnya, pada 1908 silam, dengan diawali Harkitnas yang berbarengan juga berdirinya perkumpulan Budi Oetomo yang dipimpin Dr Wahidin Sudirohusodo.

Djoko mengatakan, bahwa didirikannya LSM ASA ini karena masyarakat Indonesia memerlukan sebuah wadah gerakan yang nantinya akan memberikan kontribusi kepada bangsa.

"Kita merenung dan kita memerlukan perlunya suatu gerakan yang memberikan kontribusi kepada bangsa, terbentuklah ASA," ujar Djoko saat dimintai keterangan oleh wartawan selesai acara deklarasi ASA di Gedung Balai Sarbini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Dia juga mengaku, jika LSM ASA yang jajaran Badan Pengurus Hariannya (BPH) didominasi oleh kalangan militer. Kendati demikian, pihaknya tidak memiliki niat untuk mengikuti Pemilu 2014. Selain itu, Djoko juga meyakini bahwa ASA tidak berafiliasi dengan partai politik (parpol) manapun sampai saat ini.

"Belum ada rencana kita untuk mengikuti Pemilu 2014, tergantung rencana Allah SWT nanti dan kami tidak berafiliasi dengan partai politik manapun," katanya.

 

(mhd)

shadow